Penjualan Komik Menurun, Petinggi Marvel Tuding Karakter Superhero Wanita

| Oleh: Rio | 02 Apr 2017 - 2:38 PM
412
0
karakter-karakter komik marvel

Penerbit komik terkemuka, Marvel, rupanya lagi galau. Ini tak lain disebabkan pejualan komiknya menurun di pasaran. Padahal Marvel dalam jangka waktu tersebut telah meluncurkan berbagai macam inovasi dengan menelurkan karakter baru yang mencerminkan keberagaman dan menonjolkan karakter superhero cewek selain berbagai crossover dan cerita baru.

Kita tentu ingat bagaimana Marvel menyatakan keberagaman dalam komik-komik mereka seperti menampilkan karakter keturunan Korea bernama Amadeus Cho dalam komik The Totally Awesome Hulk, dan Marvel Universe American Southwest menampilkan superhero berdarah Indian dalam komik Red Wolf. Juga menampilkan atau menampilkan karakter wanita seperti Riri Williams sebagai pengganti Tony Stark sebagai Iron Man baru.

riri williams iron sebagai man baru alias iron heart di komik marvel

Mungkin saking galaunya karena penjualan komik Marvel terus menurun, dalam acara Marvel Retailer Summit, Marvel Vice President of Sales David Gabriel malah menyalahkan ide tentang keberagaman itu dalam sebuah wawancara.

“Apa yang kami dengar adalah masyarakat tidak menginginkan keberagaman lagi. Itulah yang kami dengar, apakah kami percaya atau tidak. Saya tidak tahu apakah hal itu benar-benar nyata, tapi itulah yang kami lihat dalam penjualan. Kami melihat orang membuang muka terhadap penjualan (komik) karakter yang mencerminkan keberagaman, karakter baru, karakter wanita kami, apapun yang bukan karakter inti Marvel. Itulah yang sulit bagi kami karena kami memiliki banyak ide segar, baru dan menarik yang muncul dan tak ada yang benar-benar berhasil,” ungkapnya.

Tentu saja, pernyataan yang terlalu menyerhanakan masalah ini menimbulkan berbagai reaksi. Apalagi hal itu datang dari wakil presiden penjualan Marvel. Akhirnya David Gabriel dalam wawancara dengan web ICv2 “mengklarifikasi” pernyataannya sendiri. Karena memang pada kenyataannya karakter keturunan hispanik, Miles Morales sebagai Spider-Man di Ultimate Universe, dan karakter superhero wanita seperti Ms. Marvel, Spider-Gwen, dan Moon Girl tetap populer.

marvel sempat membuat captain america sebagai agen hydra

Kenyataannya banyak pihak yang menilai penjualan komik Marvel menurun karena penggemar dibingungkan dengan setidaknya ada 12 event dan crossover. Selain itu Marvel juga mengutak-utik karakter favorit yang dianggap “sakral” oleh fans di Amerika yaitu Captain America. Seperti kita ketahui Marvel sempat membuat komik Steve Rogers dimana pahlawan Amerika ini ternyata adalah seorang anggota Hydra yang tak lain adalah kaki tangan Nazi yang membuat fans shock dan juga Marvel menyerahkan tameng Captain America kepada Sam Wilson yang selama ini dikenal sebagai Falcon.

Walaupun faktor-faktor di atas tak bisa dianggap sebagai penyebab mutlak, kesimpulannya tak ada penyebab tunggal bagi menurunnya penjualan komik Marvel terutama ketika musim gugur 2016 lalu. Masih ada lagi faktor lain seperti harga komik dan lain-lain. Namun nampaknya Marvel sudah terlanjur galau, nih!