Pemda Perfektur Miyagi di Jepang Undang Player Pokemon GO Demi Pariwisata

| Oleh: Yudi | 06 Sep 2016 - 6:00 PM
61
0
pokemon dari regional tertentu bisa ditangkap di perfektur miyagi

Pokemon GO kembali menghadirkan sensasi, dan kali ini bukan sesuatu yang bersifat negatif. Karena tak bisa disanggah, sejak awal perilisannya tak sedikit kasus dan masalah terjadi. Mulai dari kejadian aneh, tindak kriminal, hingga kecelakaan yang berujung kematian. Padahal Niantic Labs selalu mengingatkan untuk tetap waspada dan berhati-hati saat bermain.

Namun tak selamanya hal tersebut terjadi. Pokemon GO juga membawa hal positif, seperti membuat orang yang tadinya malas bergerak menjadi lebih sering melakukan aktivitas di luar rumah untuk menangkap Pokemon. Atau membuat para player untuk saling berinteraksi di dunia nyata, karena Pokemon GO tak hanya soal mengumpulkan Pokemon.

perfektur miyagi akan adakan event pokemon go

Beberapa minggu kemarin, banyak beredar data dari hasil survei yang menyatakan bahwa game ini mulai ditinggalkan pemainnya. Hasil tersebut tak sepenuhnya benar, karena fakta di lapangan menunjukan hal yang berbeda. Demam Pokemon GO masih berlangsung, dan tren ini digunakan oleh Perfektur Miyagi untuk meningkatkan perekonomiannya.

Perfektur Miyagi dan Iwate di Tohoku, serta Perfektur Kumamoto sedang bangkit setelah terkena bencana nuklir dan gempa bumi. Diperlukan dana besar untuk membangun kembali perfektur tersebut. Oleh karena itu mereka bermaksud menggunakan Pokemon GO sebagai daya tarik utama pariwisata yang diharapkan bisa meningkatkan pemasukan.

Demi mewujudkan hal tersebut, tanggal 30 Agustus kemarin ketiga perfektur telah mengajukan proposal kepada pihak Niantic Labs guna menghadirkan berbagai fitur terkait Pokemon GO. Misalnya pengadaan PokeStop, Gym, dan memunculkan Pokemon khusus (Tauros, Mr. Mime, Kangashkhan dan Farfetch’d) yang hanya ada di benua tertentu.

pokemon go bantu perfektur miyagi bangkit setelah bencana

Mereka juga telah menyiapkan dana sebesar 30 juta Yen (sekitar Rp 3,8 milyar). Dana tersebut akan digunakan untuk menunjang game Pokemon GO, seperti advertising (iklan TV, selebaran, situs, dan peta), penyediaan area publik untuk bermain, pembuatan merchandise, dan tentu saja untuk Niantic Labs sebagai biaya pemeliharaan sistem.

Event Pokemon GO juga akan diadakan di Perfektur Miyagi bulan Oktober mendatang. Jika proposal tersebut dikabulkan Niantic Labs, maka diramalkan akan banyak wisatawan yang mengunjungi Perfektur Miyagi untuk bermain Pokemon GO. Ini tentunya juga menambah daftar hal positif yang diberikan Pokemon GO dalam kehidupan nyata.