Patung Raksasa Mirip Iron Man Hadir di Sebuah Taman Hiburan Tiongkok

| Oleh: Yudi | 25 Feb 2017 - 10:45 AM
286
0
wujud patung raksasa mirip iron man di tiongkok

Menjadi negara yang memiliki patung Evangelion Unit-01 terbesar di dunia dan meraih penghargaan dari Guiness World Records ternyata belum mampu memuaskan hasrat Tiongkok untuk menghadirkan patung-patung raksasa lainnya. Yang menjadi sasaran kali ini bukanlah karakter dari anime atau J-Pop Culture lainnya, melainkan karakter dari serial superhero terkenal, Marvel.

Semua tentu tak asing dengan Iron Man. Superhero pemilik alter ego Tony Stark–yang  dalam film-nya diperankan oleh Robert Downey Jr. ini dikenal dengan teknologi canggihnya. Tak heran, karena dalam ceritanya Tony Stark memang digambarkan sebagai ilmuwan jenius dan kaya-raya. Karakter ini yang akhirnya dipilih untuk dibuatkan patung raksasa.

patung iron man setinggi 30 meter berdiri di samping replika sphinx di tiongkok

Patung Iron Man setinggi 30 meter ini berdiri cukup kokoh di taman hiburan World Cultural Heritage Expo Park yang terletak di Provinsi Anhui, bagian timur Tiongkok. Lokasi peletakan tersebut dipilih karena taman hiburan ini memang sengaja dibuat untuk menjadi daya tarik para turis. Dengan adanya patung raksasa Iron Man, diharapkan semakin banyak turis yang mengunjungi taman hiburan ini.

Sayangnya, hal yang seharusnya bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Tiongkok ini justru mendapatkan banyak reaksi negatif. Hal tersebut tak lepas dari bentuk patung Iron Man yang terlihat tak jelas. Patung ini secara sekilas memang bisa dikatakan mirip Iron Man atau Hulk Buster–apalagi dengan armor warna merah dan emasnya. Namun jika diperhatikan lagi, bentuknya sama sekali berbeda dengan aslinya.

Entah memang sengaja untuk menghindari plagiarisme (peniruan) atau ada tujuan lain, yang jelas patung raksasa ini jadi terlihat sangat aneh. Beberapa orang merasa patung ini terlihat seperti Autobot-nya Transformers. Sementara beberapa lainnya menyebutkan bahwa patung ini sangat mengerikan. Bahkan seandainya Tony Stark bisa melihatnya, dia pasti tak akan suka dengan semuanya.

patung raksasa iron panda yang ada di tiongkok

Jika dibandingkan dengan dua patung raksasa di Tiongkok lainnya, yaitu patung Evangelion Unit-01 dan Iron Panda, patung raksasa Iron Man ini memang bisa dianggap sebuah kegagalan. Namun sepertinya berbagai kontra yang diciptakan patung raksasa itu justru bisa membuat banyak orang penasaran dan mendatangi taman hiburan yang dibangun oleh perusahaan budaya, Changcheng.

Provinsi Anhui memang cukup dikenal sebagai tempat landmark tiruan guna menarik turis. Sebelum patung raksasa Iron Man ini hadir, di sampingnya sudah terdapat replika Great Sphinx of Giza. Sayangnya, Sphinx ini gagal menarik minat turis; sehingga pihak taman hiburan mencoba peruntungan dengan membangun replika landmark lain, yaitu Louvre Pyramid.

.