Patung Evangelion Unit-01 Terbesar Di Shanghai Raih World Record

| Oleh: Yudi | 06 Jan 2017 - 12:00 PM
163
0
patung evangelion di shanghai raih rekor dunia

Diver City Odaiba, Tokyo, sedang bersiap untuk melakukan perpisahan dengan Gundam RX-78-2 berskala asli 1/1. Rencananya, Gundam yang telah berdiri selama empat tahun tersebut akan segera dibongkar oleh Bandai pada tanggal 5 Maret 2017 mendatang. Kabarnya, sudah ada project lain untuk perayaan 40 tahun Gundam yang akan menggantikan sosok RX-78-2 tersebut.

Hal berbeda justru terjadi di kota Shanghai, Cina. Salah satu ikon anime Mecha, Neon Genesis Evangelion, yaitu Evangelion Unit-01, baru saja didirikan dan mendapat rekor dunia sebagai patung Evangelion terbesar di dunia. Patung ini sukses menjadi kreasi anime terbesar kedua di dunia setelah Gundam RX-78-2.

robot ikonik dari anime evangelion dibuat patung rakasasa

Patung raksasa ini sebetulnya memulai debut kemunculannya pada event ChinaJoy digital entertainment trade show di Shanghai musim panas tahun lalu. Ketika itu Evangelion Unit-01 hadir sebagai keperluan promosi dari perusahaan software developer Cina, Heitao. Heitao juga merupakan salah satu developer yang mengerjakan mobile game Evangelion.

Ketika itu Evangelion Unit-01 masih belum mendapat rekor dunia. Rekor dunia baru didapat pada hari Selasa kemarin, ketika dia dipindahkan dari lokasi lamanya ke lokasi baru dengan tambahan senjata berupa Spear of Longinus. Senjata ini lah, yang akhirnya berhasil membawa Evangelion Unit-01 pada rekor dunia.

Awalnya patung ini hanya memiliki tinggi sekitar 13,2 meter (diukur dari tanah ke kepala). Namun setelah memegang senjata, tingginya bertambah drastis menjadi 24.8 meter. Tinggi patung ini memang relatif rendah karena posenya yang sedang setengah bersimpuh. Kini lokasi baru Evangelion Unit-01 terlihat dekat dengan jalan utama. Kemungkinan agar masyarakat bisa melihat lebih dekat.

patung evangelion unit-01 setinggi hampir 25 meter

Meskipun Evangelion Unit-01 ini mendapat rekor dunia, statusnya masih belum bisa dibandingkan dengan Gundam RX-78-2 selain dari ukurannya. Karena Evangelion Unit-01 hanyalah sebuah patung dengan ukuran raksasa dan masif, sedangkan RX-78-2 adalah replika asli berupa robot yang memiliki kokpit dan berfungsi.

Tak hanya Shanghai, sebuah taman hiburan Fuji-Q Highland di Perfektur Yamanashi juga memiliki patung Evangelion Unit-01 setengah badan (bustier) dengan ukuran asli. Patung yang lokasinya tak jauh dari Gunung Fuji ini tahun lalu juga mendapat atraksi baru berupa proyeksi map. Di taman hiburan ini, hampir semua wahana dan atraksinya bertemakan Neon Genesis Evangelion.

Simak juga Event Wonder Festival 2017 Pamerkan Patung Evangelion Seharga Belasan Juta Rupiah.