Panduan Die-Cast: Jangan Bingung Soal Skala, Ini Dia Penjelasannya!

| Oleh: Willy | 27 Sep 2016 - 1:08 PM
190
0
gambaran ukuran die-cast bersasarkan skala

Buat penggemar mainan mobil-mobilan die-cast, mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah skala atau scale. Skala atau scale biasanya dibubuhkan pada kemasan mainan mobil-mobilan die-cast atau kadangkala pada bagian bawah mainan mobil-mobilan die-cast itu sendiri. Nah, pasti pernah lihat, dong?

Skala atau scale itu sendiri biasanya ditulis dalam bentuk serangkaian angka berupa perbandingan. Misalnya yang umum adalah seperti 1:32, 1:43, 1:64, dan lain sebagainya. Sekilas angka-angka ini memang bikin bingung. Tapi kalau diperhatikan, makin besar angka perbandingan skala-nya, makin kecil dimensi mainan mobil-mobilan die-castnya. Kenapa begitu ya?

perbandingan ukuran die-cast berdasarkan skala

Seperti yang sudah disebut di atas, angka skala atau scale seperti 1:32, 1:43, 1:64 sebenarnya adalah angka perbandingan. Angka 1 mewakili dimensi asli sedangkan angka setelahnya mewakili perbandingannya. Jadi misalnya mainan mobil-mobilan die-cast Hot Wheels, Matchbox atau Tomica yang memiliki skala 1:64 artinya adalah ukurannya lebih kecil 64 kali dari mobil aslinya. Sampai sekarang sudah enggak bingung lagi, kan?

Secara umum, makin kecil angka perbandingan skalanya, mainan mobil-mobilan die-cast bisa dibuat lebih detail. Maklum saja mobil-mobilan die-cast berskala 1:18 tentu dimensinya lebih besar dibandingkan dengan mobil-mobilan die-cast berskala 1:64. Makanya bisa dibuat lebih detail. Walaupun demikian, jaman sekarang sudah banyak sekali dibuat mobil-mobilan die-cast berskala kecil namun dengan dengan detail yang memukau.

perbandingan skala die-cast

Oh iya, mungkin ada yang bertanya, kenapa kalau kita perhatikan skala atau scale ini enggak selalu dicantumkan pada kemasan atau bagian bawah mobil-mobilan die-cast? Jawabannya simpel saja, sih. Soalnya skala adalah perbandingan ukuran antara mobil asli dengan mainan mobil-mobilan die-castnya. Masalahnya jika mobil-mobilan die-castnya modelnya tidak dibuat berdasarkan mobil asli atau mobil desain fantasi desainernya, maka tidak perlu dicantumkan skalanya. Karena toh mobil aslinya memang tidak pernah ada, kan?