Panduan Cosplay: Self Cosplay Photo Session Hasilnya Lebih Keren Dari Selfie Biasa!

| Oleh: Yudi | 17 Nov 2016 - 12:00 PM
190
0
tips foto cosplay

Ketika bicara tentang aktivitas atau hobi cosplay, sebagian besar waktu memang digunakan untuk mengurus persiapan kostum. Maklum saja, cosplay yang merupakan singkatan dari costume play memang berfokus pada kostum. Tak ada salahnya membuat detail kostum yang sempurna, namun sebetulnya cosplay tak hanya soal kostum semata.

Masih ada aktivitas lain–yang terlihat tak terlalu berhubungan langsung dengan cosplay, tapi erat kaitannya dengan cosplay itu sendiri. Salah satu contohnya adalah fotografi. Kali ini Kupaman akan berbagi sedikit tips untuk melakukan sesi pemotretan cosplay mandiri (cosplay selfie) yang sederhana, namun tetap menarik.

melakukan sesi foto cosplay sendiri

Tahap 1: Persiapan

1. Persiapan mencakup peralatan hingga lokasi. Peralatan pertama tentu saja kamera. Gunakan DSLR agar hasilnya lebih baik. Jika tak ada, kamera digital atau bahkan kamera ponsel sudah cukup.

2. Selanjutnya adalah tripod. Tripod berfungsi untuk meletakan dan mengatur posisi kamera. Jika tak ada tripod, gunakan sesuatu yang bisa menjadi dudukan kamera, misalnya meja atau tumpukan buku.

3. Untuk lokasi, pilihlah tempat yang menarik, bisa outdoor atau indoor. Jika sulit menemukan yang sesuai, setidaknya pilihlah yang mendukung dan sejalan dengan tema cosplay.

Tahap 2: Proses pemotretan

1. Hal penting saat pemotretan adalah pose dan pengaturan kamera. Tentukan pose yang ingin ditampilkan. Jangan lupa, tentukan juga letak posisi kalian. Dua hal ini akan berkaitan dengan pengaturan letak kamera.

2. Atur letak kamera sesuai pose dan posisi yang kalian inginkan tadi. Cek kembali melalui layar kamera untuk memastikan tak ada bagian yang terpotong atau tak masuk ke dalam layar (frame).

3. Terakhir dan yang terpenting, gunakan fitur self-timer dengan rentang waktu paling lama (biasanya 10 detik) agar kalian bisa kembali ke posisi dan mengatur pose dengan baik.

Tahap 3: Seleksi hasil

1. Setelah pemotretan selesai, lihat hasilnya dan lakukan seleksi (pemilihan). Jika ada yang kurang sesuai dan memuaskan, jangan ragu untuk mengulang.

2. Untuk mempermudah seleksi, pilih hasil yang dianggap sesuai dan hapus yang tak sesuai. Hasil yang sesuai bisa masuk ke proses editing (retouch) atau langsung di-upload dan di-share.

cosplay selfie

Itu tadi tips untuk melakukan sesi foto cosplay mandiri. Dalam beberapa hal mungkin akan ditemukan perbedaan (seperti dalam pengaturan kamera). Kalian juga bisa berkreasi dan melakukan improvisasi. Namun secara garis besar, tiga tahap di atas telah merangkum semua prosesnya secara sederhana.

Meskipun hasilnya memang tak sesempurna jika melakukan sesi foto sungguhan, tips ini cukup hemat waktu, biaya, dan tentunya lebih bagus dari selfie biasa. Cukup cocok bagi kalian yang senang melakukan costest (costume test). Selamat ber-cosplay dan berfoto!

.