One Punch Man: Superhero Konyol Dengan Pukulan Dahsyat!

| Oleh: Rio | 23 Jan 2016 - 9:50 AM
322
0
saitama si one punch man

Saat ini dunia memang sedang dibanjiri berita tentang film-film superhero Marvel dan DC. Namun tak ada salahnya kita menengok ke negeri matahari terbit. Sebab dari Jepang sana ada juga sodoran superhero yang tak kalah unik, namanya One Punch Man.

Awalnya One Punch Man adalah manga karya seorang penulis manga bernama pena ONE. Saking kerennya manga ini, maka sampai-sampai mangaka sekaliber Yousuke Murata (pengarang manga Eyeshield 21) mengajaknya bekerjasama menggarap manga ini.

Uniknya, One Punch Man sebenarnya adalah manusia biasa bernama Saitama. Si Saitama ini tidak terkena radiasi atau apapun sehingga menjadi superhero. Namun berkat tekadnya yang kuat ia giat berlatih sampai-sampai kepalanya menjadi botak.

genos murid saitama

Tapi rupanya segala latihan Saitama ini tidak sia-sia. Ia menjadi superhero terkuat seperti yang dicita-citakannya. Bahkan sesuai namanya, One Punch Man mampu menghancurkan apapun dengan sekali pukul saja. Tak peduli sekuat apapun musuhnya. Monster raksasa sekalipun tetap takluk hanya dengan sekali pukul!

Nah, disinilah lucunya. Karena menjadi sangat kuat dan nyaris tanpa kelemahan berarti , justru disitu Saitama alias One Punch Man merasa sedih. Ia merasa bosan karena segalanya berjalan datar-datar saja dan tanpa tantangan. Si botak ini sebenarnya mendambakan perlawanan seru dari musuh yang tangguh. Namun lagi-lagi, tetap saja semua berakhir dalam satu pukulan.

One Punch Man tidak sendirian dalam beraksi. Ia ditemani oleh Genos, seorang remaja cyborg yang sangat mengagumi Saitama. Saking kagumnya, ia mengangkat Saitma menjadi gurunya. Walaupun begitu, kedua tokoh ini ternyat saling bertolak belakang.

Genos terlalu fokus memikirkan bagaimana caranya menjadi yang terkuat seperti gurunya. Padahal Genos nyaris sebenarnya nyaris tak bisa mati karena dia seorang cyborg. Kalaupun tubuhnya tercerai berai dalam pertarungan, bisa diperbaiki lagi. Sebaliknya Saitama sang guru justru sering merasa frustrasi dan kesepian. Seakan mempertanyakan mengapa ia adalah satu-satunya mahluk yang terkuat di kolong langit.

mumen rider di one punch man

Memang terasa konyol, sih. Apalagi musuh-musuh Saitama sebelum bertarung selalu nyerocos panjang lebar menjelaskan ketangguhannya kepada Saitama yang tentu saja, makin merasa bosan! Namun justru bumbu komedi itu yang bikin One Punch Man menarik. Bahkan pada akhir tahun lalu, anime One Punch Man garapan studio animasi Madhouse yang disutradarai Natsume Shingo juga sudah ditayangkan di TV Tokyo dan segera mendapat sambutan luar biasa. Malahan belakangan sudah dibuat OVA dengan enam episode terpisah.

Untunglah ada tokoh protagonis lain di One Punch Man selain mereka berdua yang masih normal. Yaitu Mumen Rider, seorang pesepeda dalam kehidupan sehari-hari namun ternyata menyimpan kekuatan superhero. Ia pernah mengalahkan monster raksasa yang nyaris membunuh Genos. Namun anehnya Mumen Rider hanyalah tokoh pelengkap yang kehadirannya tentu tak sesering Saitama dan Genos.

Hmm, nampaknya One Punch Man tetap akan pada takdirnya sebagai tontonan superhero dengan kekonyolan super!

.