Nintendo Menghadirkan Konsol Famicom Mini Khusus di Wilayah Jepang

| Oleh: Kylo | 01 Oct 2016 - 1:21 PM
103
0
konsol famicom mini

Pada bulan November 2016 mendatang konsol NES Mini akan dirilis untuk beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Australia namun tidak termasuk untuk negara asalnya Jepang. Mengapa? Gamer Jepang enggak perlu kecewa karena khusus di negeri Sakura itu, Nintendo akan menghadirkan versi yang jauh lebih spesial dari NES Mini yaitu Nintendo Classic Mini: Family Computer alias Famicom Mini. Sebuah konsol replika berukuran mungil yang desainnya diambil dari konsol retro Famicom. Famicom adalah versi original dari NES untuk wilayah Jepang yang hadir dua tahun lebih dahulu di tahun 1983 silam.

ukuran famicom mini sebesar telapak tangan

Sama seperti dengan NES Mini, Famicom Mini juga terdapat 30 jenis game 8-bit yang telah terinstall langsung di dalamnya. Ukurannya sebesar telapak tangan manusia dewasa dan bisa dicolokkan ke TV via HDMI. Bedanya, kontrolernya sudah menyatu dengan konsolnya jadi enggak bisa digunakan untuk kepentingan yang lain. Menurut Kupaman sih tidak terlalu menjadi masalah, apalagi karena tersedianya dua buah kontroler dan juga disainnya yang jauh lebih keren dari NES Mini. Kekurangannya hanya satu, yaitu tidak adanya AC Adapter, yang membuat gamer harus merogoh dompetnya lagi untuk mengeluarkan biaya tambahan.

konsol famicom mini khusus pasar jepang

Di antara ketiga 30 game yang sudah tersedia langsung di konsolnya, daftarnya masih serupa dengan NES Mini. Dengan tambahan beberapa game baru seperti River City Ransom dan Final Fantasy III. Berikut game-game yang terdapat di Famicom Mini:

Donkey Kong
Mario Bros.
Pac-Man
Excitebike
Balloon Fight
Ice Climber
Galaga
Yie Ar Kung-Fu
Super Mario Bros.
The Legend of Zelda
Atlantis no Nazo
Gradius
Ghosts 'n Goblins
Solomon's Key
Metroid
Castlevania
Zelda II: The Adventure of Link
Tsuppari Ozumo
Super Mario Bros. 3
Ninja Gaiden
Mega Man 2
River City Ransom
Double Dragon II: The Revenge
Super Contra
Final Fantasy III
Dr. Mario
Downtown Nekketsu Koushinkyoku: Soreyuke daiundoukai
Mario Open Golf
Super Mario USA
Kirby's Adventure

Famicom Mini akan dirilis di Jepang pada 10 November 2016 atau sehari lebih dahulu sebelum Mini NES rilis resmi. Harganya juga enggak mahal. Cuma 5.980 Yen atau sekitar Rp 700 ribuan saja.