Nintendo Kembali Rilis NES Classic Dengan Ukuran Mini

| Oleh: Yudi | 15 Jul 2016 - 4:23 PM
229
0
konsol klasik nintendo

Dunia memang sedang dilanda demam game Pokemon GO. Setiap hari ada saja kabar unik seputar game smartphone yang berkonsep AR tersebut. Nintendo selaku pemilik franchise Pokemon tentu turut menikmati keuntungan yang didapat dari hebohnya game ini. Namun mereka tak serta-merta melupakan yang lain. Mereka justru merilis sesuatu yang mungkin sudah lama dilupakan.

Pagi kemarin, Nintendo mengumumkan bahwa pihaknya akan kembali merilis konsol NES. Ini adalah konsol klasik yang dirilis pertama kali pada tahun 80-an dan menjadi salah satu konsol popular, bahkan hingga sekarang. Beberapa game, seperti Super Mario Bros., The Legend Of Zelda, Kirby’s Adventure, Donkey Kong turut terkenal melalui konsol ini.

30 game nes classic mini

Sekilas NES yang akan dirilis Nintendo ini tak jauh berbeda dari NES klasik pendahulunya. Satu-satunya perbedaan mencolok antara keduanya adalah dari segi ukuran. Seolah ingin menyaingi smartphone, konsol baru ini bentuknya sangat mungil, hanya berukuran sebesar telapak tangan. Oleh sebab itu, konsol ini dinamakan dengan Nintendo Classic Mini: Nintendo Entertainment System (NES).

Hal lain yang turut membedakan NES Mini dengan pendahulunya adalah, konsol ini tak memerlukan kaset (cartridge) untuk bermain. Karena meskipun mini, konsol ini telah diisi dengan 30 game yang tertanam di sistemnya. Tentu saja game yang ada merupakan game klasik andalan Nintendo, seperti Castlevania, Donkey Kong, Dr. Mario, Final Fantasy, Kirby’s Adventure, Pac-Man, Super Marios Bros., The Legend Of Zelda, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, konsol ini tak akan mendapat update untuk daftar game-nya. NES Mini juga tak bisa terhubung dengan internet atau perangkat eksternal lainnya. Jadi mau tak mau dan suka tak suka, dari awal membeli hanya ada 30 pilihan game tersebut yang bisa dimainkan. Namun pihak Nintendo mengatakan 30 game ini merupakan kombinasi terbaik agar NES Mini bisa dimainkan seluruh player, baik player lama atau player baru.

nes classic ukuran mini

NES Classic Mini dilengkapi dengan kabel HDMI untuk menghubungkan ke TV. Sementara AC adaptor dan kontrolernya terjual terpisah. Beberapa game bisa dimainkan secara multiplayer. Kontroler NES Classic Mini juga bisa digunakan untuk memainkan virtual game di Wii U atau Wii dengan menghubungkannya dengan Wii Remote.

Konsol ini akan mulai dipasarkan pada bulan November mendatang dengan harga sekitar 60 Dolar (sekitar Rp 785 ribu). Namun sepertinya NES Classic Mini baru bisa didapatkan di kawasan Eropa, Amerika, dan Australia. Presiden Nintendo Amerika mengatakan bahwa perilisian ini dimaksudkan agar para penggemar Nintendo bisa kembali menikmati dan bernostalgia dengan konsol asli Nintendo.

Sementara itu gamer di negeri asalnya tak perlu iri dengan konsumen di kawasan Eropa, Amerika, dan Australia, sebab Nintendo Menghadirkan Konsol Famicom Mini Khusus di Wilayah Jepang.