Niantic Labs Cabut Sanksi Banned Kepada Beberapa Player Pokemon GO

| Oleh: Yudi | 30 Aug 2016 - 8:00 PM
197
0
niantics lakukan unbanned

Keputusan Niantic Labs untuk memberikan sanksi banned permanen kepada player Pokemon GO yang melakukan cheating memang tak main-main. Berbagai cara mereka tempuh demi mewujudkan integritas dalam Pokemon GO. Tak sedikit yang merasa tindakan tersebut terlalu berlebihan, bahkan dianggap mengurangi sisi fun dari Pokemon GO sendiri.

Bersamaan dengan pemberian sanksi tersebut, banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang dimusnahkan Niantic Labs. Aplikasi ini umumnya berupa fake GPS, emulator, atau BOT. Sayangnya, banyak player Pokemon GO yang ikut terkena banned, padahal mereka tak melakukan cheating.

player pokemon go tak sengaja terkena banned

Pagi ini, melalui blog resmi Pokemon GO, CEO Niantic Labs, John Hanke, memberikan penjelasan tentang hal tersebut. Dituliskan bahwa sistem dan infrastruktur Pokemon GO otomatis mendeteksi data yang masuk dalam server mereka. Beberapa data yang dianggap sebagai ancaman atau menyalahgunakan TOS (Term Of Service) akan langsung dikenakan banned.

“Beberapa player yang menggunakan add-on map mungkin tak sadar bahwa aplikasi tersebut dianggap ancaman oleh sistem. Hal ini membuat mereka otomatis terkena banned,” tutur Hanke. Terkait hal ini, tim Niantic Labs telah merubah infrastrukturnya. Sehingga player yang “tak sengaja” terkena banned bisa kembali bermain Pokemon GO.

Lebih lanjut Hanke menjelaskan, bahwa Niantic Labs tak akan melakukan unbanned bagi aplikasi atau player yang memang sengaja melakukan pelanggaran TOS dalam bentuk apapun. “Aplikasi tersebut tak hanya melanggar TOS, tapi juga membuat server (Pokemon GO) menjadi berat,” Hanke menambahkan.

tren pokemon go menurun

Penggunaan aplikasi pihak ketiga tersebut memang cukup marak, apalagi setelah Niantic Labs merubah beberapa fitur penting seperti Nearby Pokemon. Kendati kali ini Niantic Labs berbaik hati untuk melakukan unbanned, tak berarti player bisa bernafas lega. Karena ke depannya Niantic Labs akan semakin memperketat pemberian sanksi.

Sekitar seminggu lalu juga disebutkan bahwa tren Pokemon GO mulai menurun. Sesuai data dan hasil survei yang dirangkum beberapa pihak menyebutkan bahwa game AR ini kehilangan lebih dari 15 juta pengguna hariannya. Penurunan tren ini kemungkinan karena player mulai bosan dengan gameplay yang monoton.

Mungkin saja untuk menghapus kebosanan para trainer Pokemon GO tersebut, Fitur Partner Pokemon Akan Hadir di Update Terbaru Pokemon GO?