Nasib Tony Stark Terkuak di Issue Terakhir Komik Civil War II

| Oleh: Kylo | 30 Dec 2016 - 11:30 AM
842
0
issue terakhir komik civil war ii

Setelah menanti cukup lama, akhirnya issue penutup dari komik Civil War II telah resmi beredar. Di issue ke-8 ini para fans akan bisa mendapat jawaban dari beberapa pertanyaan yang hanya bisa jelaskan lewat akhir kisah dari komik Civil War II. Pertanyaanya seperti mengapa Tony Stark tidak lagi menjadi Iron Man melainkan digantikan oleh seorang remaja wanita berusia 15 tahun bernama Riri Williams. Dan juga apa yang menjadi pencetus terbentuknya kelompok “ Champions” versi baru yang terdiri dari superhero generasi mudanya Marvel Comics seperti Miles Morales si Spider-Man, Kamala Khan si Miss Marvel, Amadeus Cho si Totally Awesome Hulk, Sam Alexander si Nova, Viv Vision dan Cyclops.

Kisah Civil War II dimulai dari kemunculan seorang Inhuman baru bernama Ulysses Cain. Kemampuan yang dimiliki oleh Ulysses ini sangat spesial karena ia dapat memprediksi masa depan dengan sangat akurat. Masalahnya, masa depan yang diprediksi oleh tokoh yang diciptakan oleh Brian Michael Bendis dan Jim Cheung itu biasanya mengenai bencana ataupun kematian. Karena kemampuan yang sangat menakjubkan ini, dunia Marvel terbagi menjadi dua bagian.

nasib tony stark di issue terakhir komik civil war ii

Bagian pertama adalah kelompok superhero yang dipimpin oleh Captain Marvel. Captain Marvel percaya dengan prediksi akurat dari Ulysses, dunia bisa diselamatkan dengan menangkap orang-orang yang hendak berbuat jahat. Pihak lainnya yang berseberangan adalah kelompok superhero yang setuju dengan pendirian Iron Man. Tony Stark alias Iron Man berpendapat bahwa seseorang belum bisa divonis bersalah jika ia belum melakukan sebuah tindakan kriminal atau berbuat kejahatan.

Sama dengan komik Civil War sebelumnya yang terbit satu dekade silam, Civil War II juga menampilkan pertarungan seru antara grup superhero melawan grup superhero. Pertarungan pamungkas ditutup dengan laga antara Captain Marvel melawan Iron Man. Dan hasilnya? Sang Golden Avengers kalah total namun ia tidak mati. Tony Stark yang armornya hancur berkeping-keping itu memasuki masa mati suri yang untuk saat ini tidak diketahui penyebabnya.

Nah, jadi ternyata Tony Stark tidak benar-benar “berpulang” tetapi hanya “cuti” dalam waktu yang tidak terbatasnya. Anehnya di issue kedua komik Invincible Iron Man, seluruh dunia nampaknya telah menganggap bahwa Tony Stark itu telah tiada.

Sedangkan untuk Ulysses yang menjadi sumber dari perseteruan di dunia Marvel itu ternyata sejak ia pertama kali menjadi seorang Inhuman, kondisi tubuhnya sedang mengalami suatu proses evolusi. Dan pada buku terakhir dari Civil War II, ia telah “naik tingkat” ke tahap dewa-dewanya dunia Marvel. Bahkan The Beyonder sampai datang menjemputnya untuk mengajaknya menjadi bagian dari alam semesta yang maha luas.

komik terakhir civil war ii

Nah, bagian yang paling penting dari komik pamungkas dari kisah Civil War II ini adalah Ulysses memperlihatkan kepada para superhero Marvel dan juga pembaca tentunya, bocoran mengenai hal-hal yang akan terjadi di Marvel Universe pada masa-masa mendatang. Salah satunya adalah event crossover gede-gedean selanjutnya, Monster Unleashed. Event “Monster Unleashed” ini akan segera berlangsung nggak lama lagi. Tepatnya pada bulan Januari, para superhero Marvel harus berhadapan dengan seluruh dari monster-monster yang pernah muncul di komik Marvel.

Bocoran lainnya dari penglihatan masa depannya Ulysses adalah event yang mirip dengan Inhumans vs X-Men, team-up antara Killraven dan Inhumans, Sentinel versus Mutan? dan Thor (bukan Jane Foster) yang sedang bertarung melawan Loki.

Wah-wah, makin seru dan menarik aja nih komik-komik Marvel yang akan datang. Jadi nggak sabar menunggu apakah prediksi di masa depan itu akan terwujud atau akan ada suatu perubahan. Nggak salah memang jika penerbit Marvel disebut sebagai “House of Ideas”.