NASA Mengirim Minifigure LEGO Ke Planet Jupiter

| Oleh: Yudi | 15 Jun 2016 - 6:00 PM
230
0
minifigure legonaut

Berita menarik baru-baru ini datang dari NASA dan LEGO. Jika dilihat, memang hampir tak ada hubungan antara keduanya. Namun percaya atau tidak, pihak NASA ternyata memiliki project kerjasama dengan LEGO yang tentunya berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan luar angkasa. Kerjasama ini berupa misi yang dinamakan Juno Mission dan telah berlangsung sejak tahun 2011.

Sebagai permulaan, misi ini telah mengirimkan tiga LEGO Minifigure ke luar angkasa, tepatnya ke planet Jupiter. Tiga minifigure LEGO yang beruntung tersebut adalah Dewa Roma, Jupiter beserta istrinya, Juno dan Galileo Galilei yang dijuluki sebagai bapak ilmu pengetahuan. Setelah berjalan selama lima tahun, akhirnya misi ini akan membawa tiga Minifure ini mencapai planet terbesar dalam tata surya.

misi juno nasa

Juno Mission adalah misi yang bertujuan untuk menginvestigasi planet Jupiter. Sebetulnya Juno sendiri adalah nama pesawat luar angkasa milik NASA yang sengaja dikirim ke Jupiter untuk melakukan orbit selama setahun (32 kali), sebelum nantinya akan jatuh ke permukaan Jupiter. Peluncuran Juno ke Jupiter merupakan sejarah baru dalam peradaban manusia. Karena Juno satu-satunya pesawat luar angkasa bertenaga surya yang menempuh jarak sejauh 493 juta mil untuk mencapai Jupiter.

Lalu bagaimana dengan ketiga minifigure tersebut? Terbuat dari bahan alumunium, Minifigure LEGO khusus yang disebut LEGOnaut ini pergi ke Jupiter dengan menumpang Juno. Mereka sengaja dibuat dan diikutkan dalam misi Juno sebagai salah satu program edukasi yang melibatkan kerjasama antara NASA dan LEGO. Tujuannya untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak agar selalu tertarik mempelajari ilmu pengetahuan, sains, tekhnologi, teknik dan matematika. jadi, bukan buat mainan astronot, yah!

Kabarnya ketiga Legonaut ini akan segera sampai di Jupiter dalam waktu sekitar 24 hari lagi. Pemilihan karakter Minifigure ini juga punya alasan sendiri. Jupiter dipilih karena Dewa Yunani ini mewakilkan tujuan Juno Mission. Juno, istri dari Jupiter terlihat membawa kaca pembesar sebagai simbol pencari kebenaran. Sementara Galileio Galilei yang membawa teleskop dianggap sebagai manusia yang berpengaruh dalam menemukan Jupiter.

kerjasama lego dan nasa

Berhubung ketiga LEGOnaut ini dibuat khusus untuk misi luar angkasa, maka hanya ada satu set lagi yang tersisa di bumi dan menjadi properti miliki NASA’s Jet Propulsion Laboratory (JPL). Kabarnya, set ini akan dipamerkan NASA pada tanggal 4 Juli 2016, tepat ketika pesawat luar angkasa Juno memasuki orbit Jupiter. Setelah itu, set ini akan mengunjungi beberapa sekolah dan museum untuk mengajak anak-anak belajar tentang luar angkasa, ilmu pengetahuan, sains, tekhnologi, teknik, dan matematika.

Adalah Scott Bolton, pemimpin Juno Mission, yang memiliki ide awal menyertakan Minifigure ini dalam misi. Perjalan LEGOnaut dan Juno Mission juga bisa diikuti dari situs LEGO Space. Ini adalah situs yang berisi gabungan antara edukasi dan hal-hal menyenangkan tentang luar angkasa. Ada banyak konten, seperti video, game dan fakta-fakta menarik mengenai eksplorasi luar angkasa.

Pakah kerjasama LEGO dan NASA berhenti sampai di sini? Tidak, malahan NASA dan LEGO Luncurkan Misi Baru Untuk Mempelajari Luar Angkasa.

.