NASA dan LEGO Luncurkan Misi Baru Untuk Mempelajari Luar Angkasa

| Oleh: Yudi | 13 Jul 2016 - 8:00 AM
89
0
lego juno mission

Bagaimana kabar Minifigure LEGO yang dikirim ke luar angkasa oleh NASA dalam Juno Mission? Sesuai prediksi, tanggal 4 Juli 2016 lalu bertepatan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat, ketiga minifigure yang terdiri dari Jupiter, Juno, dan Galileo Galilei ini berhasil memasuki orbit planet Jupiter. Mereka akan menginvestigasi planet Jupiter dengan melakukan orbit selama setahun (32 kali orbit).

Tentunya ini bukan misi terakhir dari NASA yang menyertakan LEGO dalam eksplorasi luar angkasa. Beberapa hari lalu, kedua pihak kembali meresmikan sebuah kerjasama yang melahirkan program menarik dan interaktif untuk mempelajari luar angkasa, terutama dalam liburan musim panas ini.

lego mission to space

Program ini turut terinspirasi oleh set Apollo 11 LEGO Ideas yang diumumkan awal bulan Juni kemarin. Selain itu, Mission To Space menandakan babak baru dari kerjasama antara NASA dan LEGO. Nama program ini sederhana, yaitu Mission To Space. Namun bisa dipastikan bahwa isi yang ditawarkan program ini sangat menambah wawasan kita semua, terutama bagi anak-anak.

Mission To Space dihadirkan dalam sebuah web interaktif, di mana kita bisa melakukan perjalanan dari bumi hingga planet Jupiter dengan melalui beberapa tingkatan. Tingkatan ini terdiri dari Earth, ISS (International Space Station), Moon, Mars, dan Jupiter. Menariknya, di setiap tingkatan terdapat space fact (fakta yang berhubungan tentang luar angkasa) yang juga dilengkapi dengan ilustrasi, quiz, games dan video.

Contoh fakta menarik adalah, sejak tahun 2011 ternyata ada sebanyak 28 set LEGO berbeda yang dikirim ke ISS. Sementara melalui video, kita bisa melihat bentuk sistem tata surya dan kehidupan para astronot di luar angkasa. Di bagian teratas terdapat tantangan untuk membuat luar angkasa sesuai bayangan kita menggunakan LEGO. Setelah dibuat, foto, dan upload ke situs LEGO. Jika menang, fotonya akan ditampilkan dalam situs LEGO.

situs nasa mission to space

Pihak NASA sendiri turut menyiapkan halaman khusus untuk melengkapi situs interaktif Mission To Space dari LEGO tersebut. Memang tak terlalu interaktif, namun fakta yang disajikan seputar bumi, ISS, bulan, Mars, dan Jupiter lebih lengkap. Apalagi ditambah dengan foto-foto yang juga jauh lebih menarik.

Kerjasama NASA dan LEGO memang ingin menghadirkan pembelajaran, terutama untuk anak-anak. Dan kedua situs ini merupakan cara yang menyenangkan untuk mempelajari luar angkasa. Jadi tunggu apa lagi? Kalian bisa langsung mengikuti Mission To Space di situs ini, dan jangan lupa berkunjung ke situs NASA.

.