Musuh-musuh Aneh Batman: Ternyata Banyak Yang Tampangnya Kocak

| Oleh: Yudi | 24 Mar 2016 - 1:12 PM
2190
0
musuh-musuh aneh batman

Nama Batman muncul pertama kali di tahun 1939 melalui Detective Comics #27 dan mulai populer menjelang tahun 80-an hingga sekarang. Dalam perjalanannya, Batman telah menghadapi musuh yang sulit dan tangguh. Termasuk melawan Superman di film terbarunya. Namun dari sekian banyak musuh Batman, ada juga musuh-musuh yang terbilang aneh dan unik. Siapa saja mereka?

Calendar Man
Muncul pertama kali tahun 1958 dalam Detective Comics #259. Sebetulnya pria ini tak memiliki kekuatan apapun. Bahkan kejahatan yang dia lakukan bisa dibilang hampir tak berarti. Uniknya lagi, penjahat berkostum merah dengan lembaran tanggal ini hanya berulah di hari libur. Karena keunikannya tersebut, Calendar Man selalu dicap sebagai karakter yang bodoh dan kocak.

Bat-hombre
Muncul pertama kali tahun 1949 dalam Batman #56. Semula, Batman dan Robin melatih pria ini untuk membantu mereka berdua menghadapi komplotan kriminal El Papagayo di Amerika Selatan. Mereka tak mengira bahwa pria bernama asli Luis Peraldo ini adalah mata-mata dari El Papagayo yang menyamar. Bat-hombre tak memiliki kekuatan super, namun dilengkapi oleh peralatan yang sama dengan Batman dan lihai menggunakan beberapa senjata.

Birthday Boy
Muncul pertama kali tahun 2012 dalam Batman: Earth One. Lupakan penampilan anehnya, karena di antara deretan musuh aneh Batman, Birthday Boy adalah sosok yang menakutkan. Dia adalah pelaku pembunuhan berantai yang mencari gadis berusia 15 tahun untuk dijadikan sasaran. Pria bernama asli Ray Salinger ini selalu memakai kantong coklat dan topi ulang tahun untuk menutupi wajahnya.

Lex Joker
Muncul pertama kali tahun 2009 dalam Superman/Batman #60. Lex Joker tak lain adalah sosok yang diciptakan Doctor Destiny dengan menggabungkan Lex dan Joker. Meskipun termasuk dalam daftar musuh yang aneh, Lex Joker cukup merepotkan. Karena dia memiliki otak brilian Lex dan kegilaan Joker.

Joker’s Daughter
Muncul pertama kali tahun 2013 dalam Catmwoman #23. Sebetulnya wanita muda bernama Duela Dent ini sama sekali tak ada hubungan darah dengan Joker. Dia hanya kebetulan menemukan riasan wajah Joker ketika sedang menyusuri selokan bawah tanah. Dia kemudian memakainya sebagai topeng dan mulai meniru kegilaan Joker.

musuh-musuh aneh batman di komik

Onomatopoeia
Muncul pertama kali tahun 2002 dalam Green Arrow #12. Pria tanpa identitas ini adalah seorang pembunuh berantai. Sasarannya adalah para super hero yang tak memiliki kekuatan super, contohnya seperti Batman dan Green Arrow. Onomatopoeia hampir tak pernah bicara kecuali dengan menirukan suara aneh yang ada di sekitarnya, seperti Bam!, Pow!, Klang!, Boom!.

Polka-Dot Man
Muncul pertama kali tahun 1962 dalam Detective Comics #300. Selain aneh, mungkin penampilan musuh Batman yang satu ini bisa dibilang imut. Karena kostum yang dipakai oleh pria bernama asli Abner Krill ini berpola polka dot warna-warni. Pola polka dot ini juga berfungsi sebagai senjata dan alat teleportasi.

Doctor Freak
Muncul pertama kali tahun 1997 dalam Batman: Legends of the Dark Knight #91. Satu-satunya yang diketahui dari pria bernama asli Artemis Freeker ini adalah bahwa dia seorang veteran perang Vietnam yang gila. Doctor Freak berpenampilan seperti orang hippie dengan gaya khas 60-an. Dia juga membuat dan mengedarkan obat terlarang bernama DCS 2000.

Johnny Karaoke
Muncul pertama kali tahun 2007 dalam Batman #660. Johnny Karaoke termasuk musuh aneh Batman lainnya. Dia mengaku sebagai seorang gangster dan pemimpin Geisha Grrls, sebuah kelompok musisi wanita. Dibanding kejahatannya yang tak seberapa, Johnny Karaoke justru tewas secara tragis oleh seorang pemimpin geng Rusia.

Flamingo
Muncul pertama kali tahun 2007 dalam Batman #666. Di balik penampilannya yang serba pink, Edward Flamingo adalah seorang pembunuh berantai yang sangat sadis. Dia membunuh lalu memakan wajah korbannya. Flamingo mengendarai sebuah motor yang juga bercat pink dan membawa cambuk.

musuh aneh batman di komik

Condiment King
Muncul pertama kali tahun 1994 dalam Batman the Animated Series: Make ‘Em Laugh. Jika penjahat biasanya menggunakan senjata api atau senjata tajam, maka Condiment King memilih sesuatu yang berbeda. Pria bernama asli Mitchell Mayo ini menggunakan pistol berisi sambal, saos, mustard dan bumbu pedas lainnya untuk melakukan kejahatan.

Emoticon Man
Muncul pertama kali tahun 2011 dalam Batman, Incorporated #6. Musuh Batman yang satu ini adalah sekumpulan geng di bawah pimpinan Stephen Lime yang beraksi dengan mengenakan topeng bergambar logo emoticon. Mereka tergolong penjahat lemah. Bahkan seorang Alfred Pennyworth mampu mengalahkan mereka semua.

Bootface
Muncul pertama kali tahun 2013 dalam Batman and Robin #231. Pria ini dinamakan Bootface karena di wajahnya tercetak bentuk boot milik Batman. Hal tersebut terjadi ketika dia sedang melawan Batman menggunakan flamethrower dan Batman menendang wajahnya hingga meninggalkan bekas.

Bat Head
Muncul pertama kali tahun 2012 dalam Batman and Robin #10. Senasib dengan Bootface, pria ini dinamakan Bat Head karena sebuah Batarang (senjata Batman) menyangkut di tengkorak kepalanya. Hal tersebut terjadi ketika dia menemukan sebuah Batarang saat melawan Batman. Dia mencoba melemparnya, sayang Batarang tersebut justru berbalik arah dan menyangkut di kepalanya.

Calculator
Muncul pertama kali tahun 1976 dalam Detective Comics #463. Noah Cuttler sebetulnya adalah pria yang sangat cerdas. Namun metode anehnya dalam berbuat kriminal membuat Calculator jadi terlihat bodoh. Dia harus melintasi negara untuk melawan super hero dan sengaja kalah agar bisa menekan tombol ajaib di dadanya. Tombol ini akan mencegah Calculator dikalahkan oleh super hero yang sama.

Nah, ternyata bukan hanya musuh Batman saja yang aneh-aneh. Di DC Comics masih banyak loh karakter-karakter aneh lainnya, kalau enggak percaya, Inilah 10 Karakter Teraneh Dari DC Comics.

.