Monumen RX-78-2 Gundam dan Char's Zakku II Diresmikan di Inagi, Jepang

| Oleh: Yudi | 01 May 2016 - 7:59 PM
115
0
patung gundam inagi

Bicara soal Gundam, anime yang bercerita tentang pertarungan mecha ini memang sudah berumur cukup lama. Original anime-nya, Mobile Suit Gundam, sudah ditayangkan sejak tahun 1979 sementara yang terbaru adalah serial Gundam: Iron-Blooded Orphans. Salah satu orang yang berpengaruh dalam anime ini adalah Kunio Okawara. Beliau adalah desainer mecha legendaris yang membuat mecha-mecha ikonik dalam Mobile Suit Gundam.

Berkat kerja kerasnya mendesain Gundam, Kunio Okawara berhasil dikenal di seluruh dunia. Dan untuk merayakan peraihannya tersebut, digelar sebuah upacara yang melibatkan sepasang patung Gundam paling ikonik karya Kunio Okawara, yaitu RX-78-2 Gundam dan Char’s Zakku II. Upacara ini dilangsungkan di Inagi, yang juga merupakan tempat asal Kunio Okawara.

gundam rx-78-2 dan zakku

Kunio Okawara pun berkomentar bahwa mereka berdua sangat sempurna. “Mereka sangat sempurna. Pose tangan kanan memegang beam sword dan tangan kiri memegang perisai yang berdiri di atas tanah sangat langka! Gundam di Odaiba tak memegang senjata apapun. Dan ternyata Char’s Zaku dalam versi besar terlihat sangat gagah!”.

Upacara ini turut dihadiri oleh aktor Tohru Furuya (pengisi suara Amuro Ray) dan Shuuichi Ikeda (pengisi suara Char Aznable). “Ini pertama kalinya saya melihat monumen Char’s Zaku. Dari seluruh Char mecha, Zaku memberikan kesan terbaik bagi saya" ujar Ikeda turut mengungkapkan kegembiraannya. Selain kedua aktor pengisi suara, peresmian kedua patung ikonik Gundam ini juga ditemani maskot resmi kota Inagi, Nashinosuke, yang juga merupakan hasil desain Kunio Okawara.

patung raksasa gundam inagi

Kota Inagi yang terletak di Tokyo memang dikenal sebagai salah satu kota mekanik dan mendapat julukan Mechanical City Inagi. Dan kedua patung Gundam ini adalah salah satu project dari Kunio Okawara untuk memperkenalkan Inagi dalam dunia pariwisata. Project bernama lengkap Mechanical Designer Kunio Okawara Project ini ditargetkan untuk turis penggemar mecha.

Maret kemarin, Inagi juga baru saja menyelenggarakan event tahunan Mechanical Design Summit. Kedua patung Gundam ini berdiri di luar stasiun, tepatnya di area Pear Terrace, market space dan galeri terbaru kota Inagi. Bersama maskot resmi Inagi, Nashinosuke dan maskot Gundam, Haro, patung RX-78-2 Gundam dan Char’s Zakku II ini siap menyambut pengunjung kota Inagi.

.