Microsoft HoloLens Membawa Game ke Dunia Nyata

| Oleh: Dante | 29 Jun 2015 - 12:15 PM
89
0
microsoft hololens

Perkembangan teknologi video game bergerak sangat cepat beberapa tahun belakangan ini. Selain keluarnya konsol-konsol next-gen, baru-baru ini dunia game lagi demam Virtual Reality (VR) headset yang itemnya akan segera keluar pada tahun depan.

Masih ada gebrakan baru lainnya di dunia game yaitu dengan hadirnya gadget HoloLens keluaran Microsoft. Melalui demo bermain game Minecraft di event E3 Expo 2015 di Los Angeles dengan menggunakan HoloLens, dunia dikejutkan oleh betapa dashyatnya kemampuan kacamata pintar ini. Teknologi hologram yang dahulu hanya bisa ditemui di film-film fiksi ilmiah sekarang telah berhasil dikembangkan dan dapat diaplikasikan untuk bermain video game.

Dunia Game ke Dunia Nyata
Jika VR headset seperti Project Morpheus-nya Sony dan Oculus Rift dapat membawa gamer seakan-akan masuk kedalam dunia game, maka HoloLens adalah kebalikannya yaitu membawa dunia game ke dalam dunia nyata dalam tampilan hologram dengan resolusi HD. Dengan tampilan desainnya yang jauh lebih keren dan gaya dibanding pesaingnya, HoloLens akan memberikan pengalaman bermain game yang sangat menakjubkan dan tiada duanya.

Pengoperasian HoloLens selain melalui gerakan kepala dari user juga melalui gestur tangan dengan gaya “ngeklik” seakan menggunakan mouse imajinasi. Ada juga perintah dengan menggunakan suara seperti memerintahkan untuk memulai suatu program.

demo hololens minecraft di e3 2015 los angeles

Di Mana Saja
Dengan melihat demo bermain game Minecraft, nampak bahwa pengguna HoloLens tidak hanya dapat menjadi seorang pemain namun juga bisa menjadi seorang pengamat yang mengamati permainan seseorang. Dalam mode pengamatan ini, HoloLens akan dapat menampilkan gambaran visual area si pemain yang sedang diamati secara keseluruhan atau bisa di-zoom sedekat mungkin. Hingga kita bisa melihat dari sisi jendela tempat dimana karakter di dunia Minecraft sedang berada dalam suatu ruangan di sebuah bangunan.

Bermain game dengan menggunakan HoloLens dapat dilakukan di mana saja, di ruang keluarga, di kamar dan tempat lainnya. Bedanya HoloLens dengan VR headset adalah pandangannya terbatas di tengah, sedangkan VR headset akan memungkinmu untuk menikmati game secara menyeluruh, 360 derajat. Kelebihan HoloLens adalah bagian “display”nya yang transparan. Jadi ketika sedang bermain game maka obyek-obyek dan ruangan yang ada di dunia nyata akan bisa kita lihat secara langsung. Itulah yang membuat “sihir” hologramnya terasa lebih wow dan memukau.

Lebih Mahal Dari Konsol Game
HoloLens awalnya bernama “Project Baraboo” yang telah dikembangkan selama lima tahun sebelum akhirnya diumumkan secara resmi pada tahun ini. Mengenai kapan dan berapa harga untuk sebuah HoloLens belum ada informasi resmi yang dirilis oleh Microsoft. Tapi kabarnya harga yang dibanderol akan jauh lebih mahal dari nilai sebuah konsol game. 

Nah, silakan saksikan sendiri kecanggihan HoloLens pada video di bawah ini!

.