Merasakan Duduk Dalam Kokpit Gundam di Rest Area

| Oleh: Yudi | 26 Apr 2015 - 12:05 PM
285
0
masuk kokpit gundam zeta replika

Bagaimana rasanya memasuki dan duduk di kokpit Gundam? Meskipun beberapa tahun lalu sudah ada replika Gundam RX-78-2 dengan skala 1:1 yang berdiri megah di Tokyo, tapi pengunjung tidak bisa masuk, apalagi duduk di dalam kokpitnya.

Dan ibarat mimpi jadi kenyataan, di Perfektur Okayama, Pulau Honshu, digelar event berjudul “Sit in the Mobile Suit experience”. Di sini para pengunjung dan penggemar Gundam bisa merasakan sensasi masuk dan duduk di dalam kokpit Zeta Gundam. Meskipun tidak berskala 1:1, Zeta Gundam setinggi tujuh meter ini tetap terlihat kokoh.

kokpit gundam zeta replika

Replika Zeta Gundam ini dibuat oleh seorang pengerajin bernama Shoichi Nakamoto. Yang cukup mengejutkan, ternyata Nakamoto bahkan bukan penggemar Gundam. Sebagai pengrajin, Nakamoto memang suka membuat sesuatu, dan dia memilih Zeta Gundam karena tertarik dengan ilustrasi di novel Gundam.

Nakamoto mendesain Gundam ini menjadi beberapa bagian lalu menggabungkannya. Dia juga menambahkan kokpit serta beberapa rangkaian mesin dan elektronik di dalamnya, sehingga lengan Zeta Gundam ini bisa digerakkan. Sayang, bagian kakinya hanya berfungsi sebagai penopang, jadi Gundam ini tidak bisa berjalan dan beroperasi penuh.

Awalnya Nakamoto menyimpan replika Gundam ini di rumahnya. Tapi karena ukurannya yang terlalu besar, dia memutuskan untuk menyumbangkannya ke michi no eki di Kume no Sato. Michi no eki sendiri artinya adalah “stasiun di jalan”, atau bisa diartikan sebagai semacam tempat istirahat dan singgah untuk wisatawan. Mungkin sebangsa dengan rest area di jalan tol sini. Di sini juga terdapat pasar dan pertokoan yang menjual pernak-pernik suvenir.

Kini MSZ-006 Zeta Gundam siap menyambut para pengunjung yang datang. Dan event “Sit in the Mobile Suit experience” ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Kume-no-sato yang ke-15. Event ini akan dibuka hari minggu tanggal 26 April 2015 alias hari ini, pukul 9:30-15:00. Dan selama event berlangsung, pengunjung bebas untuk berfoto atau masuk ke dalam kokpitnya. Tentunya ini jadi kesempatan langka bagi para penggemar Gundam.

.