Mazinger Z Kembali Bersinar Lewat Figur Platinum Terbarunya

| Oleh: Yudi | 28 Dec 2016 - 2:28 PM
95
0
mecha mazinger z hadir dalam figur platinum

Ada yang pernah mendengar Mazinger Z? Penggemar genre Mecha mungkin tak asing dengan robot super ini. Karena meskipun terbilang cukup lawas, Mazinger Z menjadi salah satu franchise Mecha yang sangat popular. Kemunculan Mazinger Z dimulai dari serial manga-nya yang dibuat oleh Go Nagai dan terbit di bulan Oktober 1972 melalui majalah mingguan Weekly Shonen Jump.

Seperti biasa, manga ini kemudian diangkat menjadi serial anime yang disiarkan saluran Fuji TV selama dua tahun (Desember 1972–September 1974). Serial dengan total 92 episode ini kemudian menjadi sangat popular di Meksiko pada tahun 80-an. Anime Mazinger Z juga sempat mendapat versi Amerika-nya di tahun 1988.

figur platinum mazinger z dijual dalam jumlah terbatas

Popularitas Mazinger Z masih bertahan hingga kini dan akan semakin bersinar dengan sentuhan dari perusahaan crafting (keahlian tangan) asal Jepang bernama Kougei. Kougei membuat robot super ini kembali terlihat berkilau melalui karya figur terbarunya. Figur ini tentu saja bukan karya sembarangan. Lalu apa yang membuat figur Mazinger Z ini begitu istimewa?

Alasannya tak lain dan tak bukan karena material yang digunakan dalam pembuatan figur ini. Figur ini seluruhnya menggunakan salah satu logam berharga, yaitu platinum (emas putih), sebagai material utama. Alasan kedua adalah jumlah produksinya yang sangat-sangat terbatas. Figur Mazinger Z ini dibuat dalam dua ukuran; tinggi 120mm (sekitar 850 gram) dan 50mm (sekitar 150 gram).

Untuk figur setinggi 120mm, dipastikan hanya dibuat satu buah dan akan dijual seharga 14 juta Yen (sekitar Rp 1.6 milyar). Sedangkan untuk ukuran kecilnya–50mm, akan diproduksi sebanyak 50 buah dan masing-masing dijual seharga 2.017.000 Yen (sekitar Rp 230 juta). Dengan harga tersebut, figur platinum ini praktis menjadi benda koleksi yang memiliki harga fantastis.

figur mazinger z setinggi 190 sentimeter berbahan vinil

Figur Mazinger Z platinum ini bahkan lebih mahal dari life-sized figur Megumi Katou dari anime Saenai Kanojo do Sodatekata (1.9 juta Yen/Rp 233 juta) dan Rem dari anime Re:Zero (1.5 juta Yen/Rp 171 juta). Satu-satunya koleksi serupa yang bisa menandingi harga figur Mazinger Z platinum ini adalah Gundam RX-78-2 Fix Platinum buatan perusahaan perhiasan Ginza Tanaka (30 juta Yen/Rp 3.5 milyar).

Harga tersebut sudah termasuk tempat penyimpanan berupa paulownia box (kotak kayu benilai seni tinggi). Kedua figur platinum Mazinger Z ini akan dijual pada tanggal 1 Januari 2017, dan sekarang masih dipamerkan di Seibu Ikebukuro 6th floor, Tokyo. September kemarin, perusahaan mainan Mitsurin juga membuat figur Mazinger Z berbahan vinil setinggi 190 sentimeter yang dijual seharga 354 ribu Yen (sekitar Rp 4 juta).