Mau Tau Tentang Cosplay? Ini Dia Asal Muasalnya!

| Oleh: Yudi | 09 Apr 2015 - 11:10 AM
264
0
Komunitas cosplay

Kalau kita berkunjung ke acara bertema Jepang, seringkali kita temui sekelompok orang dengan kostum dan dandanan ala anime, manga atau game. Nah, apa yang mereka lakukan itu namanya cosplay. Nampaknya sangat menyenangkan, ya?

Istilah
Cosplay sebetulnya berasal dari kata “costum” dan “play”. Seorang reporter asal Jepang kemudian menggabungkan dua kata tersebut dan mempopulerkannya sebagai “Kosupure” (orang Jepang membaca cosplay dengan pengucapan kosupure).

Populer di Jepang
Cosplay dikenal sebagai bagian dari Japan pop culture yang sangat populer di dunia, bahkan Indonesia. Idenya dengan berpenampilan semirip mungkin dengan tokoh anime, manga, game atau film. Meskipun identik dengan Jepang, nyatanya cosplay bukan lahir di negeri sakura tersebut.

 

seorang cosplayer

Lahir Dari Superhero
Bisa dibilang sejarah cosplay dimulai sejak tahun 1960-an, di Amerika Serikat. Pada era itu, penggemar cerita fiksi ilmiah di Amerika sering mengadakan konvensi fiksi ilmiah. Peserta konvensi yang datang berpenampilan seperti tokoh film-film fiksi ilmiah, contohnya Star Trek. Baru pada tahun 1978, peragaan cosplay pertama kali diadakan di Jepang, di daerah Ashinoko, Prefektur Kanagawa. Lalu, kontes cosplay akhirnya dijadikan acara tetap sejak Nihon SF Taikai ke-19 tahun 1980.

Awal Kegiatan Cosplay
Liputan pertama yang berhubungan dengan cosplay dilakukan oleh majalah Fanroad edisi perdana bulan Agustus tahun 1980. Memuat berita khusus tentang “Tominoko-zoku”, yaitu sekelompok anak muda yang ber-cosplay Gundam di kawasan Harajuku. Artikel tersebut berhasil menjadikan cosplay sebagai istilah umum di kalangan penggemar anime. Kegiatan cosplay mulai menjadi kegiatan berkelompok sejak tahun 1986. Sejak itu juga mulai bermunculan fotografer amatir (kamera-kozō) yang senang memotret kegiatan cosplay.

cosplay di Indonesia

Cosplay di Indonesia
Awalnya cosplay tidak begitu banyak dikenal di Indonesia. Awal 2000-an, diadakan beberapa event cosplay yang bersifat lokal, seperti Gelar Jepang UI yang diadakan oleh mahasiswa jurusan Sastra Jepang UI. Tetapi saat itu belum ada yang berminat untuk ber-cosplay.

Beranjak dari event Jepang tersebut, beberapa remaja di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku dan hadirnya cosplayer pertama saat itu. Sekarang ini cosplay sudah dikenal masyarakat luas dan hampir setiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta atau di kota-kota besar Indonesia lainnya. Bahkan Indonesia juga sudah memiliki komunitas bagi sesama penggemar cosplay, yaitu Komunitas Cosplay Indonesia (KCI).  Sebagai tempat berkumpulnya para cosplayer Indonesia, KCI punya sub-group yang membahas tentang tema atau karakter cosplay tertentu. Misalnya cosplay One Piece, Naruto, Tokusatsu, Vocaloid dan masih banyak lagi.

.