Mattel dan Google Bangkitkan View-Master, Perangkat Virtual Reality Yang Simpel

| Oleh: Willy | 06 Oct 2015 - 3:30 PM
112
0
mainan virtual reality view-master

Selama ini perangkat virtual reality biasanya sangat canggih, besar, berat dan mahal. Pembuat mainan terkemuka, Mattel nampaknya menghindari hal tersebut agar dapat membuat perangkat virtual reality yang murah dan terjangkau bahkan bagi anak-anak. Caranya dengan menggandeng Google untuk memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Nampaknya itulah jalan yang dipilih Mattel untuk membangkitkan kembali mainan legendarisnya, yaitu View-Master.

Pada era 80-an, View-Master memang sangat terkenal sebagai mainan untuk mengintip gambar tiga dimensi. Waktu itu gambar-gambar 3 dimensi yang bisa dilihat dengan View Master didapat dari semacam cakram yang berisi potongan adegan-adegan film. Maklum jaman dulu, begitu aja sudah dianggap canggih!

view-master menggunakan smartphone

Nah, pada saat ini Mattel mengambil jalan bekerja sama dengan Google dengan aplikasi Cardboard-nya. Makanya View-Master jaman sekarang pada dasarnya hanya merupakan alat untuk memproyeksikan gambar yang nantinya bisa kita intip. Prinsip ini enggak menggunakan banyak teknologi, makanya Kupaman berani bilang prinsipnya enggak terlalu jauh dengan View-Master jaman dulu.

Nah, terus bagaimana cara View-Master reborn ini memproyeksikan gambar agar bisa kita intip? Nah, makanya seperti yang sudah disebutkan di atas, Mattel menggandeng Google. Soalnya untuk membuat View-Master baru ini berfungsi seutuhnya, diperlukan smartphone yang sudah diinstal dengan apps Cardboard buatan Google.

Untuk menciptakan efek virtual reality, smartphone yang menjalankan program aplikasi Cardboard harus diletakkan didalam View-Master. Nantinya apa yang ditampilkan melalui aplikasi Cardboard di smartphone bakal lebih nyata ketika dilihat dengan View-Master yang dilengkapi sepasang lensa bi-convex. 

view-master memanfaaatkan google cardboard

Sementara itu cakram bergambar tetap diperlukan namun menggunakan perantaraan smartphone dan aplikasi Cardboard agar imaji yang dihasilkan jauh lebih nyata dibanding Vie-Master jadul. Nah, sampai sini pasti paham deh, bagaimana View-Master bisa memproyeksikan gambar untuk kita lihat sebagai virtual reality!

Hmm cerdas juga ya? Prinsipnya sederhana tapi efek virtual reality tetap tercapai. Karena itu harganya terjangkau dan cocok buat anak-anak. Di Amerika, View-Master sudah mulai dijual dan harganya terbilang murah dibanding perangkat virtual reality lain yang jauh lebih canggih. Hanya sekitar 30 dolar atau sekitar Rp 400 ribuan dengan kurs sekarang. 

.