Matchbox Learning Blox: Mainan Die-Cast Yang Mengajak Mengenal Huruf

| Oleh: Willy | 02 Aug 2016 - 6:00 AM
153
0
mainan die-cast matchbox learning blox

Selama ini mainan mobil-mobilan die-cast jarang sekali diidentikkan dengan mainan pendidikan. Seakan-akan mainan yang mempunyai unsur pendidikan dimonopoli oleh mainan konstruksi yang berbentuk kepingan balok atau bricks. Nah, kali ini Matchbox justru menyodorkan konsep baru yang berbeda lewat Matchbox Learning Blox yang mengajak anak-anak mengenal huruf dan angka.

Menariknya dengan konsep yang jitu, Matchbox sebenarnya tidak membuat mainan die-cast yang benar-benar baru. Namun tetap saja idenya terasa segar dan belum pernah diterapkan oleh produsen mainan die-cast lain. Lihat saja, Matchbox Learning Blox ini terdiri dari 26 buah mainan die-cast Matchbox yang berpasangan dengan Blox-nya.

bloks di matchbox learning blox

Ke-26 mainan die-cast tersebut memang dapat langsung dikenali oleh para pecinta die-cast sebagai bukan model yang sama sekali baru. Melainkan Matchbox banyak mengambil model yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Yang bikin menarik memang ada kemasan berbentuk boks kardus kecil yang bisa diisi die-cast Matchbox. Nah, pada kotak kardus kecil yang disebut Blox ini, diberi abjad alias alfabet dari A sampai Z sesuai huruf awal dari jenis kendaraannya.

Misalnya saja, A​ - Ambulance​​​ - Ford E-350 Ambulance, B​ - Boat​​​​ - Bay Brigade (boat), C​ - Camper​​​​ - Travel Tracker, D​ - Dump Truck​​ - ​Dumper Dozer, E​ - Excavator​​​ - Quarry King, F ​ - Fire Truck​​​ - Pierce Dash Fire Engine, G​ - Garbage Truck​​​ - Garbage Gulper, H​ - Helicopter​​​ - Sea Hunter helicopter, I​ - Ice Vehicle​​​ - Wing Chiller, J​ - Jeep​​​ - ​Jeep Wrangler Superlift, K​ - Karmann Ghia​​​ - VW Karmann Ghia Type 34 (NEW), L  - ​Locomotive​​ - ​Heavy Freighter, M​ - Motorcycle​​​ - BMW Police Motorcycle (military police), N​ - News Van​ - ​​’14 Ford Transit News Van, O​ - Off Road Vehicle​​ - Cliff Hanger (green army livery), P​ - Police Car​​​ - BMW M5 Police, Q​ - Quad Bike​​​ - Moto Tracker, R​ - Road Roller​​​ - Road Roller,     S​ - SWAT Truck​​ - ​S.W.A.T. Truck, T​ - Tow Truck​​ - ​Urban Tow Truck (Michael Heralda 5000 Support Team), U​ - Underwater Submarine​​ - Deep Diver, V​ - Van​​​​ - MBX Moving Van, W​ - Water Vehicle​​ - ​Swamp Commander, X​ - X-Ray Truck​​ - ​XCanner (x-ray truck), Y​ - Yacht​​​​ - Hydro Cruiser (NEW)​​ dan Z​ - Zamboni​​​ – Zamboni.

Nah, jadinya anak-anak selain bisa belajar mengenal huruf, juga dapat mengenal jenis-jenis kendaraan. Belajar huruf dan jenis kendaraannya nampaknya jadi menarik karena selain hurufnya ditulis besar-besar, gambar kendaraannya juga terpampang di Blox. Juga dapat dengan mudah dipakai untuk permainan membentuk kata dari huruf-huruf yang terpampang di Blox tersebut.

huruf di matchbox learning blox

Selain menarik buat anak-anak buat belajar, Matchbox Learning Blox ini pastinya juga menarik minat kolektor karena konsep uniknya dan kemasan boks dimana terpampang huruf dan nama jenis kendaraannya didesain sangat menarik. Seakan-akan mengingatkan akan desain kemasan Matchbox jaman dulu yang memang mirip kotak korek api.

Nah, berkat konsep jitu dari Matchbox ini jangan pernah bilang lagi kalau mainan die-cast enggak ada unsur pendidikannya, yah! Sayang nampaknya hingga saat ini Matchbox Learning Blox baru tersedia di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu pun Matchbox Learning Blox hanya dijual di jaringan supermarket Target dengan harga 29.99 Dolar atau sekitar Rp 389 ribu.

.