Marvel Merespon Kehebohan Seputar Komik X-Men Gold Karena Diduga Berhubungan Dengan Pilkada DKI?

| Oleh: Kylo | 09 Apr 2017 - 5:48 PM
703
0
dugaan isu pilkada dki komik x-men gold #1

Dunia perkomikan Marvel geger, ketika komik X-Men Gold issue pertama rilis beberapa waktu yang lalu. Gegernya ternyata bukan karena kisahnya yang menarik dan ilustrasinya yang memang keren itu, melainkan karena di dalam komiknya terselip beberapa referensi yang berhubungan dengan Pilkada DKI.

Loh kok bisa, pilkada DKI dibahas di komiknya Marvel? Konon melalui ilustratornya Ardian Syaf yang merupakan orang asli Indonesia itu, tanpa sepengetahuan Marvel Comics menyelipkan simbol-simbol dalam ilustrasi yang dikerjakannya untuk komik X-Men Gold yang diduga berhubungan dengan pilkada DKI yang lagi hangat-hangatnya itu.

Easter eggs yang terdapat di komik X-Men Gold yang membuat para fans heboh adalah angka 212 dan 51 yang terdapat di sebuah panel bergambar Kitty Pryde, seorang mutan yang sedang tampil di hadapan publik setelah berhasil menyelamatkan kota dan mengalahkan Terrax dengan bantuan kelompok X-Men yang dipimpinnya.

tulisan pada kaos collosus di komik xmen gold #1

Di panel tersebut terdapat gambar latar belakang pertokoan yang disisipkan angka 212 dan angka 51 yang terdapat di kaos yang dikenakan oleh salah satu dari kerumunan publik yang sedang melihat mutan yang dahulunya adalah pacar dari Star-Lord itu. Lalu apa masalahnya, ya?

Angka 212 adalah tanggal aksi damai yang dilakukan oleh sekelompok komunitas yang berhubungan dengan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Sedangkan 51 diduga merujuk dari sebuah surat di Al-Quran, yaitu Al-Maidah ayat 51.

"Easter eggs" lainnya dari komik X-Men Gold yang berhubungan dengan pilkada DKI adalah terdapat di sebuah scene ketika para X-Men sedang bermain baseball. Di sebuah panel komik X-Men Gold, terlihat mutan Colossus mengenakan kaos yang bertuliskan “QS 5:51” yang diduga juga mengenai surat Al-Maidah ayat 51.

marvel merespon reaksi pada easter eggs di komik x-men gold #1

Karena banyaknya reaksi di media sosial seperti Twitter, Facebook dan Reddit, Marvel Comics akhirnya merespon. Marvel membuat pernyataan yang intinya bahwa ilustrasi dengan beberapa referensi tersembunyi yang dikerjakan oleh illustrator Ardian Syaf itu tidak mewakili penulis, editor dan segala hal yang ada di Marvel.

Mungkin karena “Easter eggs” tersebut dirasa tidak relevan dengan cerita dalam komiknya, nantinya akan dihilangkan dari versi cetak, digital dan trade paperback, dan sebuah tindakan pendisplinan akan diambil Marvel atas keadaan yang terjadi.

Belum jelas tindakan apa yang akan diambil oleh Marvel Comics. Tapi yang pasti, issue kedua komik X-Men Gold sudah selesai dan siap terbit pada tanggal 19 April 2017 mendatang. Ardian Syaf sendiri adalah salah satu diantara tiga illustrator yang mengerjakan komik X-Men Gold, yang lainnya adalah RB Silva dan Ken Lashley.

Selanjutnya yang bersangkutan dikabarkan berkarya di komik lokal, simak beritanya di Komik Mandala Bumi Langit [R]evolusi Akan Dikerjakan Ardian Syaf.

.