Mainan Star Wars: The Force Awakens Sukses Meraup 700 Juta Dolar di Amerika

| Oleh: Willy | 24 Jan 2016 - 3:50 PM
47
0
lego millennium falcon Star wars; the force awakens

Ternyata sukses film Star Wars: The Force Awakens bukan hanya dirasakan dari pemutaran filmnya. Namun juga dari pendapatan yang diraup dari penjualan mainannya. Seperti yang kita ketahui, lini mainan Star Wars: The Force Awakens memang sudah ditunggu-tunggu penggemarnya seiring pemutaran filmnya.

Maka tak heran kalau mainan Star Wars: The Force Awakens juga ikut meroket sebagai mainan terpopuler di tahun 2015. Padahal mainan Star Wars: The Force Awakens ini baru dirilis akhir tahun 2015 menjelang pemutaran filmnya.

mainan bb-8 sphero

Namun ternyata menurut NPD Group, sebuah perusahaan riset pasar di Amerika, ternyata mainan Star Wars: The Force Awakens untuk penjualan di Amerika Serikat saja, telah membukukan pendapatan 700 juta Dolar atau sekitar Rp 9,6 trilyun pada tahun 2015 lalu. Perlu diketahui juga, nilai penjualan mainan di Amerika tahun 2015 lalu juga ikut terdongkrak sebanyak 6,7 persen dengan angka perolehan 19,4 milyar Dolar atau sekitar Rp 267 trilyun lebih sebagai akibat polulernya mainan Star Wars: The Force Awakens.

Ini tentu tak lepas dari strategi pemasaran mainan Star Wars: The Force Awakens yang jitu dengan membuat kampanye penjualan perdana yang diekspos secara besar-besaran pada tanggal 4 September 2015 lalu dengan nama Force Friday.

Mainan Star Wars: The Force Awakens seperti Lightsaber-nya Kylo Ren, BB-8 Droids dan Millenium Falcon jauh melampaui penjualan mainan bertema Jurassic World, Minions dan Avengers bahkan bila ketiganya digabungkan sekalipun.

action figure rey star wars: the force awakens

Perusahaan pembuat mainan Hasbro dan Mattel juga LEGO adalah beberapa pemegang lisensi terbesar mainan Star Wars. Sementara itu gelombang kedua mainan Star Wars yang dirilis bulan ini di Amerika memperlihatkan banyak tema Rey yang pada gelombang perdananya nampak absen.

Walaupun belakangan Disney menejlaskan bahwa absennya Rey dari lini mainan Star Wars gelombang pertama adalah untuk mencegah spoiler alias bocornya cerita, namun tak pelak menimbulkan kesan bahwa Disney tak percaya diri meluncurkan mainan Star Wars dengan tema pahlawan wanita tersebut pada kesempatan pertama. Sampai akhirnya jagad maya pun sempat dibanjiri hashtag #WheresRey atau #WhereisRey?

Namun bagaimanapun tetap saja salut buat mainan Star Wars yang sudah jadi mainan terpoluler di tahun 2015 hanya dalam hitungan bulan.

.