Mainan DC Super Hero Girls: Boneka Bertema Superhero Atau Action Figure-nya Cewek?

| Oleh: Joy | 07 Mar 2016 - 7:25 PM
293
0
mainan dc super hero girls

Jaman dulu, anak cowok baca komik superhero, nonton animasi superhero dan film superhero. Pada akhirnya lahirlah mainan action figure superhero dari produsen mainan di bawah lisensi penerbit komik. Sementara anak cewek ya main boneka dengan karakter yang imut-imut, kalau enggak cewek cantik banget, ya princess.

Tapi sebentar lagi itu semua akan jadi masa lalu. DC dan Warner Bros yang sudah menggarap webisode The DC Super Hero Girls nampaknya memang bertujuan mengubah semua itu. Di animasi webisode dan juga graphic novelnya, para cewek superhero berusia remaja bukan hanya jadi pelengkap atau pendamping superhero cowok tapi jadi pemain utama.

boneka dc super hero girls 12 inci

Tentu mereka bukan sekadar iseng-iseng bikin animasi seperti itu namun tujuan akhirnya adalah merchandise yang unik. Yaitu sesuatu yang berhubungan dengan superhero namun sejak awal ditujukan buat konsumen cewek. Makanya deretan boneka DC Super Hero Girls sudah disiapkan sejak tahun lalu.

Nah, sekarang kita malah sudah bisa melihat mainan boneka buatan Mattel ini secara utuh. Maklum di Amerika boeka-boneka ini bikin heboh. Ada 6 boneka superhero cewek DC Super Hero Girls setinggi 6 inci dan 12 inci yang sudah ada. Boneka DC Super Hero Girls menampilkan karakter-karakter superhero cewek seperti Poison Ivy, Batgirl, Supergirl, Bumblebee, Harley Quinn, dan Wonder Woman. Sedangkan boneka DC Super Hero Girls 6 inci menampilkan karakter Wonder Woman, Batgirl, Supergirl dan Harley Quinn.

Boneka-boneka ini sejujurnya memang mengaburkan batas antara boneka dan action figure. Sebab selama ini belum pernah ada produsen boneka yang membuat mainan boneka seperti ini. Malah sebenarnya agak susah dikategorikan apakah boneka atau justru lebih pas disebut sebagai action figure buat cewek. Makanya Mattel lebih suka menyebutnya action doll. Nah, terdengar seperti gabungan action figure dan doll (boneka), kan?

boneka dc super hero girls 6 inci

Sebab selama ini yang memisahkan boneka dan action figures adalah karakternya. Nah, jika karakternya merupakan karakter superhero (walaupun cewek), apakah tidak boleh disebut action figure?

Ya sudah, daripada berdebat, kita kembali ke produknya. Nampaknya yang membedakan secara tegas boneka DC Super Hero Girls 6 inci dan 12 inci (selain ukurannya tentunya) adalah detailnya. Action figure, eh boneka DC Super Hero Girls 12 inci nampak lebih mewah dengan kostum yang terbuat dari kain.  Sedangkan boneka DC Super Hero Girls 6 inci walau tak kalah asik, kostumnya menyatu dengan badan dan di cat.

Hmm, kapan yah semuanya masuk sini? Kayaknya seru, nih!

.