Madania Universal Children’s Day: Dihadiri Pak Menteri Tapi Ada Dangdutnya

| Oleh: George | 18 Nov 2016 - 2:08 PM
100
0
menteri pendidikan dan kebudayaan di madania universal children's day

SD Madania di Telaga Kahuripan, Parung, Bogor, bikin acara lagi, nih! Namanya Madania Univeral Children’s Day 2016 yang dilaksanakan hari Kamis, 17 November 2016 lalu. Walaupun nama acaranya kayaknya serius banget dan dihadiri langsung oleh Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Tapi ternyata acaranya banyak macamnya dan seru-seru kok. Malah ada dangdutnya segala. Lho kok ada dangdutan?

Ya, Bapak Menteri Pendidikan RI memang ikut memberi pembukaan sekaligus membuka acara Madania Univeral Children’s Day 2016 ini. Malahan Pak Menteri seusai memberi kata sambutan sempat dengan ramah menyalami sebagian anak-anak. Asik, yah bisa salaman sama Pak Menteri? Tapi jangan dibayangkan kalau acaranya jadi kaku, malah banyak acara yang seru, kok!

kegiatan madania universal children's day 2016

Menurut Kupaman yang hadir langsung, persembahan drama musikal Lutung Kasarung yang dihadirkan oleh anak-anak SD Madania ini seru banget, loh! Mereka kompak dan asik menampilkan cerita tradisional dengan dialog berbahasa Inggris. Sampai-sampai pak Menteri ikutan larut menikmati persembahan mereka.

Mungkin karena banyak hal lucu yang dihadirkan di atas panggung. Pilihan lagu-lagu dan suara yang nyanyi serta koreografi dan aransemen musiknya memang keren. Enggak semua lagu yang dibawakan lagu barat, loh! Malah ada lagu dangdut segala. Wah, untung saja Pak Menteri enggak sampai ikutan goyang dangdut, ehehehe!

Nah, mata acara yang lain juga enggak kalah asiknya. Untuk anak-anak TK ada lomba Cookery alias memasak, Ball Hunt, Kids Idol, sampai Coloring. Oh iya, sebelum lupa, acara ini walaupun diadakan di SD Madania juga diikuti sekolah-sekolah lain di Jabodetabek juga, loh. Sementara untuk anak-anak SD kegiatannya lebih seru lagi. Ada Drawing, Reading a Poem, Coloring, Cookery, Tiny Dancer, Menulis, Story Telling, Membuat Slime dan Membatik.

acara madania universal children's day2016

Beberapa kegiatan yang paling seru di antaranya adalah membuat slime. Bahan-bahan yang digunakan adalah air, lem, baking soda, sabun, tetes mata, dan pewarna. Banyak yang gagal karena salah komposisi mencampur bahan-bahannya namun banyak juga yang berhasil membuat cairan kenyal namun tidak lengket. Tapi rupanya, gagal atau berhasil tidak masalah bagi mereka, yang penting seru!

Sementara itu kegiatan membatik juga jadi kegiatan yang diminati. Seperti yang dikatakan oleh peserta dari SD Taruna Bangsa ini. Juan, Wilbert dan Roby yang nampak antusias ternyata memang senang banget diundang oleh SD Madania untuk ikut kegiatan Madania Univeral Children’s Day 2016.

“Membatik itu susah, karena panas lilinnya. Terus lilin yang dipanaskan di kompor tadi diambil pakai besi berlubang yang gagangnya kayu itu (maksudnya canting-Red) terus digambar di kain. Tapi seru, sih. Mau ikutan lagi deh, kayaknya kalau ada acara kayak gini lagi,” ujar mereka.