Liputan Indonesia Comic Con 2015: Didominasi Tema Gavan dan Star Wars

| Oleh: Dante | 15 Nov 2015 - 6:15 AM
56
0
aksi kenji ohba di icc 2015

Indonesia Comic Con 2015 (ICC 2015) yang tahun lalu bernama Indonesia Toys & Game Comic Con kembali hadir. Kali ini berlokasi di Jakarta Convention Center mulai 14-15 November 2015. Event Pop Culture yang menggabungkan budaya Barat dan Asia ini ternyata didominasi tema Gavan dan Star Wars.

Mengapa Gavan dan Star Wars mendominasi ICC 2015? Ternyata karena menghadirkan aktor legendaris Kenji Ohba, pemeran utama serial jadul Space Sherif Gavan yang populer era 80-an (duh, jadul banget, ya?). Sementara tema Star Wars dipilih karena film Star Wars: The Force Awakens akan segera tayang Desember mendatang.

Kunjungan ketiga Kenji Ohba ke Indonesia ini eksklusif sebagai bintang tamu spesial bersama beberapa tokoh budaya populer lain dari enam negara. Seperti komikus David Mack, clay artist Hitomi Okada, toys designer Simone Legno dan Touma, cosplayer Nicole Marie Jean dan V-Project dan musisi TAM berserta DJ Yuyoyuppe.

mainan klasik gavan

Khusus Kenji Ohba, baik hari pertama dan kedua bisa dijumpai langsung di Panggung Utama dan di Walk of Fame ICC 2015. Antusiasme fans terhadap aktor gaek ini terbukti dengan antrian panjang pengunjung di sesi Walk of Fame hanya untuk berfoto bareng.

Setengah jam Sesi up close and personal di Panggung Utama diisi kisah peran Kenji Ohba di seri-seri Tokusatsu Jepang seperti Super Sentai Go Ranger, Denziman dan tentunya Space Sherif Gavan. Ternyata gerakan pose berubah “Jouchaku!” yang terkenal itu merupakan hasil kreasinya.

Merchandise berbau Gavan juga tersedia di berbagai booth. Seperti minifigure custom Retsu Ichijouji dan Gavan dari Magic, mainan klasik Gavan dan Super Dimensional Highspeed Dolgiran, SHFiguarts Metal Heroes Gavan dan masih banyak lainnya.

ICC 2015 juga wajib dikunjungi fans Star Wars karena banyak sekali barang-barang bertema Star Wars yang dirilis pertama kalinya di Indonesia. Malah beberapa hanya dalam jumlah terbatas hanya dijual di ICC 2015. Contohnya sepatu Piero bertema Star Wars yang hanya dibuat sebanyak 250 pasang hanya bisa di Pre Order di ICC 2015. 

mainan star wars:the force awakens

Royal Selangor yang terkenal dengan merchandise Star Wars handmade berbahan metal juga menampilkan beberapa koleksi terbarunya. Seperti diorama Luke Skywalker melawan Rancor, figur Han Solo, Slave Leia, Death Star dan lain-lain. Termasuk upcoming figur terbarunya, Captain Phasma dari Star Wars: The Force Awakens.

Funko Toys juga merilis beberapa item POP! terbaru bertema The Force Awakens. Lagi-lagi  hanya bisa di Pre Order di ICC. Misalnya POP! Kylo Ren, First Order Stormtrooper, Poe Dameron, Finn dan Ren. Mainannya sendiri baru akan tersedia pada bulan Desember mendatang.

Kupaman cukup terkejut dengan banyaknya pengunjung di event dengan HTM Rp 90 ribu ini. Mungkin karena ICC 2015 menyatukan pop culture Barat dan pop culture Jepang. Walaupun tema pop culture Jepangnya (Gavan), terasa hanya bisa nyambung banget dengan pengunjung yang masa kecilnya dari era 80-an.

Hari Minggu 15 November ini, ICC 2015 masih berlangsung, kok. Masih ada music performance oleh SAE Institute, talk show dengan David Mack, Meet & Greet dengan Hello Kitty dan lain-lain. Termasuk yang tidak boleh terlewatkan yaitu Championships of Cosplay yang akan digelar pada pukul 18.30 WIB.

.