Liputan AFAID16 Hari Ketiga: Waktunya Cosplayer dan Penggemar Cosplay Beraksi

| Oleh: Yudi | 19 Sep 2016 - 6:00 PM
55
0
liputan afaid16 hari ketiga

Setelah berlangsung selama tiga hari, Minggu kemarin AFAID16 resmi berakhir. Sempat diguyur hujan di pagi hari, ternyata tak membuat event ini sepi. Dibandingkan dua hari sebelumnya, bisa dibilang hari terakhir kemarin adalah puncaknya. Baik pengunjung biasa maupun cosplayer terlihat masih memenuhi area Exhibition Stage hingga akhir acara.

Aktivitas di dalam Exhibition Stage semakin seru, karena banyak pengunjung yang berburu berbagai merchandise. Tak sedikit juga booth exhibitor dan creators hub yang memberikan penawaran habis-habisan di hari terakhir AFAID16 kemarin. Bahkan beberapa booth sudah terlihat kosong karena barangnya ludes terjual.

cosplayer di afaid16

Dilihat dari jadwal, hari ketiga kemarin sepertinya memang diperuntukan bagi para pengunjung cosplayer dan penggemar cosplay. Karena aktivitas di Akiba Stage maupun di Main Stage nyaris seluruhnya berhubungan dengan cosplay. Mulai dari sesi meet and greet, autograph, interaksi dalam berbagai booth, dan tentu saja penampilan spesial dalam ARCC.

Jika hari Sabtu KANAME dan Reika sudah muncul di AFA Café, kemarin giliran Ying Tze dan Siutao yang menemani para pengunjung untuk menyantap hidangan dan foto bersama. Kehebohan kembali terjadi di Akiba Stage, ketika Baozi & Hana muncul untuk melakukan sesi autograph. Sementara KANAME justru tampak santai berjalan-jalan di sekitar Exhibiton Stage dan mengunjungi beberapa booth untuk melihat-lihat.

Selain di dalam Exhibition Stage, suasana yang cukup ramai juga terlihat di bagian luar hall B3. Memanfaatkan space kosong yang cukup besar, para pengunjung dan cosplayer terlihat berkumpul untuk melakukan sesi foto. Uniknya, hari Minggu kemarin Exhibition Stage sempat mengalami pemadaman listrik selama dua kali, yang untungnya tak berlangsung terlalu lama.

pemenang arcc di afaid16

Puncak dari seluruh aktivitas cosplay tentu saja penampilan para tim cosplay dalam ARCC. Sempat mundur sedikit dari jadwal, ARCC tahun ini sukses menghadirkan delapan tim dari seluruh Indonesia dengan para bintang tamu cosplayer sebagai jurinya. Tim Lunar Cosplay juga kembali hadir membawakan kabaret kocak dengan tema Touken Ranbu.

Lepas penampilan kabaret dari tim Lunar Cosplay, juri mengumumkan tiga pemenang ARCC. Juara ketiga berhak atas hadiah sebesar Rp 2 juta dan diraih oleh tim DOKO yang membawakan Tokyo Ghoul. Ini turut memecah mitos bahwa pemenang ARCC tak selamanya cosplayer ber-armor. Sementara tim Nexus asal Bali dengan cerita Kamen Rider Drive menjadi juara kedua dan berhak atas hadiah sebesar Rp 3 juta.

Juara pertama ARCC AFAID tahun ini berhasil diraih oleh pasangan duo dari tim DNG Force. Mereka mendapat hadiah sebesar Rp 5 juta atas aksinya membawakan cerita Golden Knight Garo. Sayangnya, pemenang ARCC AFAID16 kali ini tak akan mewakili Indonesia untuk ikut serta dalam ARCC di AFASG16.