Liputan AFAID15 Hari Pertama: Merchandise Ludes Diserbu, Anisong Bikin Seru

| Oleh: Yudi | 26 Sep 2015 - 12:00 PM
17
0
afaid15

Hari Jumat, 24 September 2015 kemarin, AFAID15 resmi dibuka. Event tahunan Japan Pop Culture terbesar se-Asia ini mendapat sambutan luar biasa dari penggemarnya. Terbukti dari antrian panjang di depan pintu masuk, bahkan jauh sebelum waktu opening gate. Seolah teriknya matahari dan jauhnya lokasi bukan halangan bagi para pecinta anime.

Di hari pertama, Hall B3 yang merupakan Exhibition Stage terlihat sudah cukup ramai, namun masih terasa nyaman. Perhatian pengunjung langsung tertuju pada deretan barang hobi dan koleksi, seperti Gundam, figma, action figure dan masih sangat banyak lagi lainnya.

afaid15

Namun pemandangan berbeda terlihat di sekitar booth official merchandise AFAID15. Seolah tak ingin kehabisan buruan, antrian booth ini terlihat penuh sesak. Benar saja, dalam waktu singkat banyak barang-barang yang dilabeli sold out, alias habis terjual. Maklum di AFAID15 ini berbagai macam official goods dari seri anime ternama dihadirkan langsung dari Jepang, makanya jadi incaran para pengunjung.

Antrian panjang juga terlihat di beberapa booth yang membagikan merchandise gratis selama AFAID15 berlangsung. Hal sama juga terjadi di depan mini stage, tempat diadakannya sesi meet and greet para cosplayer guest star di AFAID15. Total ada 10 cosplayer, tiga di antaranya berasal dari Indonesia. Selain meet and greet cosplayer, di mini stage ini juga diadakan aktifitas seru lainnya, seperti workshop dan talkshow.

Creator Hub yang menjual pernak-pernik doujin pun tak luput dari keramaian pengunjung. Mulai dari kaos, kostum dan aksesoris cosplay, poster, majalah tumpah ruah di sini. Sementara di Moe Moe Kyun Maid Café justru masih terlihat cukup sepi. Antrian baru sedikit terlihat menjelang sore hari. Tahun ini Moe Moe Kyun Café mengusung tema Love Live! School Idol Project.

afaid 2015

Tak lengkap rasanya datang ke AFAID sebelum menonton Anisong Stage; konser berisi artis-artis langganan yang biasa membawakan lagu anime. Dimulai pukul tujuh malam, hari pertama Anisong Stage menghadirkan nano, motsu X KAYA, GARNiDELiA, dan FLOW. Konser ini berlangsung sekitar empat jam.

Nano langsung menghangatkan Hall B1/B2 dengan lagu-lagu rock-nya. Hal menarik dari nano adalah ketika dia berbicara dengan Bahasa Inggris di sela-sela penampilannya dengan sangat fasih. Konser dilanjutkan dengan duet motsu X KAYA yang membawakan musik techno ala EDM (Electro Dance Music) dengan me-remix beberapa lagu anime dan band-band Jepang popular.

GARNiDELiA juga tampil dengan lagu-lagu hits mereka. Meskipun banyak menyanyikan lagu slow, namun harus diakui bahwa penampilan kedua mereka di AFAID sangat prima dan enerjik. Dan akhirnya yang paling ditunggu pun hadir. Penampilan luar biasa dari FLOW seolah menyihir seluruh penonton yang hadir. Semua bernyanyi bersama, meloncat bersama. Mereka banyak membawakan lagu dari anime Naruto, salah satunya adalah GO!!!, yang menjadi lagu terakhir Anisong Stage sekaligus penutup dari rangkaian acara AFAID15 di hari pertama.

.