Lho Kok, Makoto Shinkai Tak Ingin Film Kimi no Na wa Meraih Oscar?

| Oleh: Yudi | 29 Dec 2016 - 9:02 AM
390
0
makoto shinkai menghimbau agar berhenti menonton kimi no na wa

Umumnya seseorang kreator akan berjuang agar karya mereka mampu dikenal seluruh dunia dan meraih penghargaan tertinggi di bidangnya. Sebut saja para mangaka profesional yang karyanya sudah mendunia, seperti Masashi Kishimoto dengan Naruto, Eiichiro Oda dengan One Piece, Hayao Miyazaki dengan Studio Ghibli, Shigeru Miyamoto dengan berbagai game Nintendo, dan masih banyak lagi.

Namun hal berbeda justru dipilih oleh Makoto Shinkai, penulis sekaligus produser utama anime film Kimi no Na wa (Your Name). Seperti yang belakangan santer diberitakan, film fenomenal ini masih menjadi primadona dan terus merangkak naik memuncaki box office di berbagai negara Asia.

kimi no na wa disebut belum sempurna oleh makoto shinkai

Kimi no Na wa menjadi anime block buster yang masuk dalam peringkat kelima jajaran film di Jepang dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Sejak dirilis pertama kali pada bulan Juni, film ini terus mendapatkan reaksi positif. Ditambah dengan posisi box office dan angka pendapatan fantastis, tak heran jika Kimi no Na wa diramalkan mampu menembus nominasi Academy Awards 2017.

Sayangnya hal tersebut tak diamini oleh Makoto Shinkai. Selaku penulis dan produser utama, Shinkai justru berharap agar film ini tak memenangkan Academy Awards atau penghargaan apapun. Dia juga meminta agar orang-orang berhenti menonton Kimi no Na wa. “Saya sangat berharap agar tak memenangkan Oscar. Berhentilah menonton (Kimi no Na wa), karena itu tak sehat,” ujar pria berumur 43 tahun ini.

Lebih lanjut, pengarang novel Byosoku 5 Centimeter (5 cm Per Second) ini menganggap bahwa Kimi no Na wa masih jauh dari sempurna. Proses pembuatan film yang memakan waktu dua tahun dirasa belum cukup dan masih meninggalkan banyak kekuarangan dan ketidakseimbangan. “Plotnya mungkin baik-baik saja, namun film ini tak seluruhnya sempurna,” jelas Shinkai.

Shinkai juga merasa tak nyaman karena dirinya disebut sebagai Hayao Miyazaki baru. Dengan tegas Shinkai mengungkapkan bahwa levelnya masih sangat jauh dari sang maestro Miyazaki. “Menjadi kebanggaan ketika mendengar nama kami disebut bersama. Rasanya bagaikan mimpi. Namun mereka terlalu memuji Kimi no Na wa, karena jelas saya sama sekali belum setara Miyazaki.”

makoto shinkai enggan dijuluki the new miyazaki hayao

Tak jelas hal apa yang memicu munculnya kekhawatiran dari Makoto Shinkai tersebut. Namun semuanya terlanjur terjadi dan tentu saja tak mudah untuk dihentikan, terlebih lagi film Kimi no Na Wa akan segera tayang di wilayah Amerika Serikat dan seluruh dunia mulai tahun depan. Tampaknya Makoto Shinkai harus bersiap dengan berlanjutnya fenomena dari film tersebut.

Film Kimi no Na wa diangkat dari novel karya Makoto Shinkai dengan judul sama. Novel ini juga akan segera dirilis untuk 22 negara di luar Jepang (termasuk wilayah Asia, Amerika Utara, dan Eropa). Shinkai menjelaskan bahwa Kimi no Na wa adalah film yang bercerita tentang memori. “Film ini tentang memori individu dan kolektif, serta moralitas dan tradisi tertentu yang dilupakan.”

Apapun itu, Mario Shinkai boleh berbangga karena ternyata Kimi no Na wa Menjadi Anime Dengan Pendapatan Terbesar di Dunia.