Lexus Hoverboard, Skateboard Tanpa Roda Yang Bisa Melayang

| Oleh: Rio | 10 Aug 2015 - 6:11 AM
234
0
lexus hoverboard

Banyak hal yang dulu dianggap fiksi ilmiah pelan-pelan mulai terwujud jadi kenyataan. Kalau pernah nonton film Back to the Future Part II, pasti pernah lihat tokoh Marty McFly menggunakan skateboard yang melayang tanpa roda alias hoverboard. Di film itu dikisahkan Marty naik hoverboard ketika menjelajah ke tahun 2015. Anehnya, tepat di tahun 2015 ini seperti yang “diramalkan” film rilisan tahun 1989 tersebut ternyata hoverboard memang bukan lagi sekadar khayalan.

Tahun lalu saja, ada Hendo Hover yang diklaim merupakan hoverboard pertama di dunia. Kala itu Hendo Hover menggunakan teknologi magnetik. Sehingga yang memungkinkan Hendo Hover melayang 1 inci di atas permukaan konduktor non magnetik seperti aluminium atau tembaga. Sayangnya Hendo Hover sangat berisik dan baterainya hanya mampu menyuplai tenaga selama 10 menit saja.

lexus hoverboard bisa melayang

Nah, baru-baru ini muncul lagi hoverboard baru dari pabrikan mobil Jepang, Lexus. Bekerja sama dengan para ilmuwan Jerman dari IFW Dresden dan Evico GmbH, Lexus melakukan riset selama sekitar satu tahun untuk membuat hoverboard.

Lexus hoverboard ini menggunakan prinsip yang kurang lebih sama dengan hoverboard pendahulunya, yaitu prinsip tolak-menolak dari gaya magnetik agar hoverboard dapat melayang. Atau dalam bahasa kerennya disebut maglev (magnetic levitation).

Bedanya, Lexus hoverboard tidak menggunakan pembangkit magnet seperti kereta api maglev. Namun menggunakan konduktor super yang didinginkan sampai suhu minus 197 derajat Celcius. Menurut hukum fisika kuantum, dalam kondisi tersebut konduktor super akan menghasilkan medan magnet, dan hebatnya akan selalu menjaga jarak tertentu dengan magnet. Jika di bawah konduktor super ini terdapat magnet, akibatnya ia akan mampu melayang sekitar 2 cm.

Nah, karena menggunakan konduktor super dari bahan keramik khusus yang didinginkan dengan nitrogen cair, maka kita dapat melihat kepulan uap (bukan asap) dari Lexus hoverboard ini. Selain itu Lexus hoverboard juga memerlukan landasan berdaya magnet agar dapat melayang. Makanya Lexus sekalian membangun hoverpark di Barcelona, Spanyol. Di hoverpark ini tertanam magnet dalam jalur tertentu. Serunya, Lexus hoverboard ternyata masih mampu melayang di atas air selama di bawah air tersebut terdapat magnet.

Nah, bukan enggak mungkin dengan penyempurnaan di tahun-tahun yang akan datang, hoverboard akan bisa dipakai secara meluas. Kan asik kalau bisa pergi ke sekolah atau ke kampus naik hoverboard. Sementara itu kita lihat dulu bagaimana asiknya ber-hoverboard seperti pada uji coba yang dilakukan oleh skater profesional Ross McGouran pada video ini ya!

.