Lewat Video Detail Game Pokemon GO Makin Jelas Terungkap

| Oleh: Yudi | 28 Apr 2016 - 7:42 AM
728
0
video detail pokemon go

Apa kabarnya Pokemon GO? Game yang dinanti-nanti ini memang telah memasuki masa uji coba. Akhir Maret lalu, pihak Niantic Labs selaku developer telah melakukan field test pertamanya di Jepang. Field test ini pertama ini rupanya langsung memberikan banyak sekali bocoran tentang gameplay Pokemon GO.

Dari Jepang, field test kemudian dilanjutkan ke Australia dan New Zealand. Dan tebak saja, salah seorang peserta field test mengunduh video yang menunjukkan gameplay Pokemon GO dengan cukup detail. Video berdurasi sekitar delapan menit ini menunjukkan dari awal permainan hingga sang player mencapai level tiga.

Sebelum mulai berpetualang dan menangkap Pokemon, kita diharuskan memilih karakter laki-laki atau perempuan. Kemudian kita bisa merubah gaya dari karakter tersebut, mulai dari wajah, warna rambut, aksesoris, pakaian, tas, hingga sepatu. Setelah selesai dengan pemilihan karakter, kita akan langsung dibawa ke layar utama–yang tak lain adalah map (peta) lokasi keberadaan kita saat bermain.

gameplay pokemon go

Berhubung ini adalah game yang mengusung konsep real world adventure, jadi tentu saja kita harus berjalan agar karakter dalam game juga ikut bergerak. Tempat pertama yang akan ditemui adalah Gym, di mana kita bisa memilih untuk bergabung dengan salah satu tim; merah, biru, atau kuning.

Dalam video juga ditunjukkan bahwa di beberapa tempat kita bisa saja mendapat item, seperti Poke Ball atau Pokemon Egg. Akhirnya karakter dalam video ini menemukan sebuah Pokemon. Saat didekati, kita akan masuk ke mode penangkapan yang dilengkapi dengan lingkaran di tengah layar.

Ketika berhasil, kita bisa langsung melihat data tentang Pokemon tersebut; seperti jumlah CP, elemen, dan nama serangan. Data ini juga akan otomatis terekam dalam Pokedex kita. Di sekitar akhir video, kita akan melihat Pokemon Egg yang didapat saat awal-awal sudah menetas dan muncul Pikachu. Melalui video ini setidaknya ada beberapa hal yang bisa Kupaman simpulkan.

Map detail:
Map atau peta yang ada di layar utama selalu menunjukkan lokasi di sekitar kita. Jadi hampir sama seperti saat kita melihat Google Map atau navigasi.
Semakin banyak kita mengeksplorasi map, akan semakin besar kesempatan untuk menemukan tempat atau Pokemon baru.
Kita juga bisa langsung melihat Pokemon apa yang ada di sekitar kita melalui map.

pokemon go gym

Pokemon detail:
Sesuai Pokedex, ada 500 Pokemon yang bisa kita koleksi.
Setiap Pokemon memiliki CP berbeda. Belum diketahui jelas apa itu CP, namun beberapa menyebutkan sebagai Capture Point. Semakin tinggi CP, semakin sulit Pokemon ditangkap.
Level Pokemon bisa dinaikkan dengan menitipkannya di Gym.
Pokemon Egg akan menetas jika jarak tempuh kita telah memenuhi ketentuan.

Gameplay detail:
Saat mode penangkapan, kita bisa memilih pengaturan kamera. Jika kita mengaktifkan pengaturan ini, maka yang terlihat di layar kita adalah tempat di mana kita berada (misalnya di jalan atau taman). Namun jika tak diaktifkan, maka layarnya hanya menampilkan gambar background.
Cara menangkap Pokemon tak terlalu sulit, namun sedikit butuh ketepatan dan kesabaran agar bisa melempar Poke Ball tepat ke lingkaran di tengah layar.
Kita tak melakukan pertarungan apapun untuk menangkap Pokemon.
Pokemon kita hanya dapat bertarung dalam Gym.

Player detail:
Di awal permainan, kita hanya dibekali 20 Poke Ball. Pokemon pertama kemungkinan baru didapat setelah bergabung dengan salah satu tim di Gym.
Saat berhasil menangkap Pokemon atau berjalan dalam jarak tertentu, karakter kita akan mendapat XP (experience poin). Kenaikan level karakter kita tergantung pada jumlah XP tersebut.
Ketika naik level, karakter kita akan mendapat item (dalam video ini mendapat lima Ultra Ball).

Dalam video ini dikatakan bahwa game ini mengalami glitch. Tak terlalu mengherankan mengingat statusnya masih beta test. Nah, apa pendapat kelian setelah melihat videonya? Sebagai tambahan, karena game ini berkonsep real world dan AR (Augmented Reality), maka dipastikan butuh koneksi data yang cukup stabil agar GPS bisa bekerja dengan baik. Jangan sampai kehilangan kesempatan menangkap Pokemon langka karena koneksi yang ngadat, ya!

.