Lelang Mobil-Mobilan Die-Cast Yang Bikin Heboh: Laku Rp 3 Milyar Lebih!

| Oleh: Willy | 01 Oct 2015 - 3:45 PM
177
0
koleksi die-cast langka

Walaupun mobil-mobilan die-cast itu kecil, jangan pernah meremehkan nilainya. Seorang kolektor mobil-mobilan die-cast asal Inggris bernama Mike Reason rupanya telah membuktikan hal tersebut. Kolektor mobil-mobilan die-cast sejak tahun 1970 itu beberapa waktu lalu melelang sebagian koleksi die-castnya karena ingin pindah ke rumah yang lebih kecil.

Saking banyaknya koleksinya, ia harus membagi koleksinya dalam 1.545 lot lelang dan menghabiskan waktu dua hari agar semua koleksi yang ia putuskan untuk dilelang dapat terjual habis. Tapi secara tak disangka-sangka, nilai koleksi mainannya di balai lelang Thornaby, Inggris, tersebut menembus angka fantastis yaitu 150 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 3,275 milyar!

koleksi die-cast antik

Rupanya koleksi yang dijual oleh Mike Reason dalam lelang memang koleksi yang sangat berharga karena memang sudah sangat langka. Diantaranya merek Dinky dan French Dinky, Corgi, Tri-Ang, Matchbox and British, European dan Continental Diecast.

Merasa hanya kenal beberapa merek di atas? Maklum saja, merek-merek tersebut adalah merek-merek mobil-mobilan die-cast keluaran Eropa jaman dulu. Bahkan untuk beberapa merek, pabriknya sudah tutup atau tidak aktif lagi. Makanya koleksi mobil-mobilan die-cast milik Mike Reason ibarat peninggalan sejarah yang bernilai tinggi.

Terlebih lagi walaupun koleksi mobil-mobilan die-cast yang dilelang Mike Reason tersebut sangat tua, namun kondisinya masih sangat baik. Bahkan, hampir seperti baru. Menariknya karena memang koleksi lama, banyak yang bentuknya unik. Misalnya saja salah satu yang terjual paling mahal senilai 1.320 Poundsterling (sekitar Rp 28 juta lebih) adalah set die-cast mobil-mobilan formula jaman dulu merek Dinky Toys jenis Alfa Romeo, Cooper Bristol, Ferrari, HWM dan Maserati yang masih utuh dengan box-nya. Tuh, fotonya ada di atas!

lelang koleksi die-cast 3 milyar

Menurut kabar, selanjutnya Mike Reason yang sudah berusia 65 tahun tersebut akan memanfaatkan uang hasil lelang mobil-mobilan die-castnya untuk membiayai hobinya yang lain, yaitu koleksi mobil antik betulan.

Wah, dari hasil jual mobil-mobilan, bisa beli mobil betulan, tuh! Makanya selain memainkan, kita harus menjaga baik-baik koleksi mobil-mobilan die-cast kita. Siapa tau suatu hari nanti nilainya bakal melonjak seperti koleksinya Opa Mike Reason dari Inggris!

.