LEGO Microfigure Avengers, Bukan Minifigure dan Beda Dengan Microfigure Sebelumnya

| Oleh: Willy | 11 Apr 2015 - 6:45 AM
324
0
perbandingan ukuran microfigure dan nanofigure

Ada sesuatu yang baru pada set LEGO 76042 The SHIELD Helicarrier yang sebelumnya pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Bukan hanya karena set yang masuk kategori UCS (ultimate Set Collection) ini sangat besar. Namun penggemar minifigure LEGO pasti tercengang dengan adanya 12 microfigure pada set ini selain 5 minifigure yang ada didalamnya. Sebab microfigure ini ternyata berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Daripada bingung dengan istilah minifigure, microfigure atau ada juga yang menyebut nanofigure, yuk kita bahas sama-sama!

lego microfigure avengers

Minifigure
Minifigure LEGO umumnya setinggi 4 bricks yang ditumpuk. Kaki dan tangan minifigure LEGO pasti bisa digerakkan. Tangan minifigure LEGO bisa digerakkan kedepan dan belakang sampai 360 derajat. Tangan minifigure LEGO juga punya kepalan atau telapak tangan berbentuk C yang bisa memegang aksesoris. Kakinya bisa bergerak ke depan dan belakang secara terbatas. Sementara bagian belakang dan telapak kakinya berlubang dan lubangnya pas dengan ukuran stud (tonjolan) bricks LEGO.Contoh minifigure ada di artikel The Simpsons Series 2. Itu contoh minifigure!

microfigure dari set lego game

Microfigure dari set LEGO Game
Microfigure dari set LEGO Game (sekarang sudah tidak diproduksi) tingginya hanya setengah dari minifigure LEGO. Kira-kira setinggi 2 bricks LEGO yang ditumpuk. Microfigure dari set LEGO Game tidak punya tangan. Tubuhnya juga lebih sempit. Kedua kakinya menyatu dan di bawah kakinya juga ada lubang yang pas untuk stud bricks LEGO.

awalnya dari minifigure

Microfigure Baru
Kita sebut aja microfigure baru, ya. Soalnya sebenarnya para penggemar LEGO lebih suka menyebutnya dengan nanofigure. Kenapa? Supaya tidak rancu dengan microfigure dari set LEGO Game jaman dulu. Ukurannya lebih kecil lagi. Hanya sekitar 1 setengah bricks LEGO. Bedanya, lebih detail daripada microfigure dari set LEGO Game. Soalnya punya tangan (walaupun tidak bisa digerakkan) dan kaki yang terkesan terpisah. Secara umum, memang mirip minifigure LEGO yang dikecilkan.

Apakah Microfigure/Nanofigure Benar-benar Baru?
Sebenarnya tidak juga. Walau memang langka sekali,  sebenarnya dulu pernah muncul. Malah munculnya bukan di playset LEGO yang mahal. Justru pernah muncul sebagai aksesoris di LEGO Collectible Minifigures. Misalnya di Series 4 Soccer Player (perak), Series 3 Sumo Wrestler (perunggu), Series 2 Karate Master dan Series 9 Hollywood Starlet (keduanya emas). Mengejutkannya, semua microfigure itu berbentuk piala. Walaupun ada juga microfigure dari Set 4195 LEGO Pirates of the Caribbean Queen Anne’s Revenge. Bentuknya boneka voodoo Jack Sparrow.

.