Korea Ciptakan Robot Sungguhan Ala Film Avatar

| Oleh: Yudi | 23 Dec 2016 - 6:00 AM
166
0
robot method 1 buatan korea yang dikendarai pilot

Selama ini Jepang memang dikenal sebagai rumah bagi para mecha (robot). Berbagai franchise anime popular, seperti Gundam, Patlabor, Macross, Evangelion, dan masih banyak lagi, kesemuanya menghadirkan robot yang dioperasikan langsung oleh pilot atau menggunakan program. Bahkan Jepang juga memiliki Gundam RX-78-2 berukuran asli yang masih berdiri di Diver City Odaiba, Tokyo.

Namun Jepang ternyata tak sendiri. Perusahaan robot asal Korea Selatan, Korea Future Technology, sedang mengerjakan project terbarunya untuk membuat robot asli yang nantinya akan dikendalikan seorang pilot. Project ini turut ditangani oleh Vitaly Bulgarov, seorang artis konsep dari Blizzard Entertainment yang terkenal dengan desain robot futuristiknya.

robot sungguhan yang dapat berjalan dan menggerakan lengan

Project terbaru perusahaan Korea tersebut dinamakan METHOD-1. Berbeda dari robot-robot yang pernah dibuat sebelumnya, METHOD-1 bukan sekedar properti atau untuk keperluan promosi dan semacamnya. Korea Future Technology membuat robot bipedal (berkaki dua) ini sebagai robot yang mampu berfungsi penuh. METHOD-1 diharapkan dapat digunakan dalam berbagai keperluan.

Bulgarov sendiri bertugas sebagai motion tester sekaligus pilot dari robot yang memiliki tinggi mencapai empat meter dan berat mencapai 1.5 ton tersebut. Dalam page Facebook pribadinya, Bulgarov selalu meng-update perkembangan dari pengerjaan project METHOD-1. Bulgarov juga menuliskan bahwa robot ini sangat berat, sehingga membuat tanah menjadi bergetar setiap kali dia melangkah.

Beberapa foto yang di-posting di page-nya pun memperlihatkan bentuk dari METHOD-1. Robot ini memiliki dua kaki dan dua lengan serta tubuh utama yang juga berfungsi sebagai kokpit. Lengan METHOD-1 digerakan dengan semacam alat yang disambungkan ke tangan pilotnya. Ketika pilot menggerakan tangannya, maka lengan METHOD-1 juga akan bergerak mengikuti pola gerakan pilot.

robot ala film avatar buatan korea

Dalam videonya, Bulgarov terlihat mengayunkan tangan yang kemudian diikuti oleh gerakan lengan METHOD-1. Robot ini juga mampu berjalan maju dan mundur dengan kedua kakinya yang terbuat dari bahan serat karbon. Melihat bentuk dan cara mengoperasikannya, sedikit mengingatkan pada film AVATAR yang tayang di tahun 2009.

Meskipun tak sebesar dan sekeren Gundam RX-78-2 asli atau mobil ala Transformers buatan sebuah perusahaan Turki, setidaknya METHOD-1 dinilai lebih “nyata” dan fungsional. Dalam waktu dekat, robot ini rencananya akan digunakan untuk membantu pekerjaan di bidang industri berat dalam ruangan (indoor). Project METHOD-1 sudah dikerjakan sejak 2014, dan prototipe pertamanya diluncurkan November tahun lalu.

.