Konsol Game Asal Tiongkok Ini Siap Tantang PlayStation 4 dan Xbox One

| Oleh: Kylo | 11 May 2016 - 3:09 PM
419
0
konsol game fuze tomahawk f1

Selama ini Tiongkok memang identik dengan image negara penghasil barang-barang KW. Namun kini sebuah konsol buatan Tiongkok,  Fuze Tomahawk F1dengan percaya diri muncul dan menantang konsol PlayStation 4 dan Xbox One.

Menilik dari rupa dari konsol berbasis android ini, mata para gamer mungkin akan langsung menyadari kemiripan desainnya dengan konsol PlayStation 4. Hanya dengan melihat Tomahawk F1 sekilas, kita sudah bisa melihat kesamaan desain dari konsol buatan negeri Tirai Bambu itu dengan konsol PlayStation 4, bedanya ukuran yang lebih kecil dan ada garis besar yang melintang di bagian bodinya.

Bergeser ke kontrolernya,  maka enggak bisa dipungkiri, tampilannya mirip sekali dengan wireless controller Xbox One. Namun ada testimoni dari gamer yang telah hands-on, bahwa kontrolernya terasa sangat ringan dan terasa murahan dengan material plastik yang aneh.

Untuk operating system dari Tomahawk F1, interface-nya ternyata serupa dengan PlayStation Network. Pembuat konsol ini adalah Fuze Entertainment, sebuah perusahaan yang dibentuk oleh mantan pekerja dari Tencent, Huawei dan Nvidia. Tujuan utama Fuze menciptakan konsol ini adalah untuk membuat sebuah brand game lokal terbaik untuk pasar Tiongkok.

event launching konsol game fuze

Fuze berani memasuki pasar konsol di negaranya karena mereka melihat kesempatan bersaing dengan Sony dan Microsoft, yang baru saja masuk secara resmi dua tahun lalu setelah 14 tahun lamanya dilarang. Namun kehadiran konsol pabrikan Sony dan Microsoft itu ternyata tidak mampu bersaing dengan pasar mobile dan PC di Tiongkok. Keuntungan dari penjualan software/service dari PC pada tahun 2015 disana mencapai angka yang fantastis, 12 miliar Dolar (lebih dari Rp 158 trilyun). Sedangkan software mobile game untuk smartphone dan tablet mencapai angka 7 milliar Dolar (sekitar Rp 92 trilyun).

Kedua raksasa hardware tersebut juga kesulitan untuk mendapatkan support lokal karena banyak developer lokal yang lebih memilih merilis game mobile dan PC. Sedangkan dari luar, jarang ada developer/publisher yang mau merilis game versi Tiongkok. Belum lagi permasalahan dengan pemerintah pusat yang berwenang untuk menyensor atau memblokir game-game yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

Karena alasan itulah Fuze Entertainment menciptakan Fuze Tomahawk F1, untuk menjadi sebuah solusi gaming rumahan untuk market Tiongkok. Melalui informasi yang didapat oleh situs Kotaku, Wang Feng yang merupakan CEO dari Fuze berharap bahwa perusahaannya akan hidup lebih lama dari para pesaingnya.

Spesifikasi Tomahawk F1 menghadirkan 4GHz CPU, GPU 852MHz, RAM 4GB, ROM 32 GB dengan hard drive 500 GB yang bisa diupgrade dengan hard drive 2 TB. Konsol yang mirip banget dengan PlayStation 4 dengan perbedaan garis besar yang ada di bodynya ini terdiri dari dua tipe. Tipe “Play” yang menampilkan hard drive 32 GB dan tipe “Elite” dengan hard drive sebesar 500 GB. Harganya sekitar 140 Dolar (sekitar Rp 1,3 jutaan),  jauh lebih murah dari harga resmi PlayStation 4 dan Xbox One.

keiji inafune di launching konsol fuze

Untuk urusan game, Fuze Entertainment sepertinya enggak main-main. Melalui eventnya, mereka mengumumkan telah bekerjasama dengan sekitar 200 development parnerts yang diantaranya adalah beberapa perusahaan game bertaraf internasional. Seperti Koei Tecmo, Arc System dan Comcept-nya Keiji Inafune. Kreator game legendaris yang juga merupakan “bapak” dari Mega Man itu bahkan hadir di acara pengumumannya.

Dengan memperlihatkan perpustakaan gamenya, Fuze ingin memperlihatkan bahwa konsol game berbasis android selain menampilkan berbagai game-game mobile juga dapat memberikan pengalaman kelas AAA sekelas game-game konsol dan game-game PC.

Game-game yang telah resmi diumumkan akan hadir berbarengan dengan perilisan konsolnya nanti yaitu Dynasty Warriors 8 Xtreme Legends, BlazBlue: Chrono Phantasma Extend, Red Ash: The Indelible Legend dan Mighty No.9. Ada total 76 game yang sudah resmi akan dirilis tahun ini dan 100 game lagi yang saat ini sedang dikembangkan akan dirilis pada tahun depan.

Tomahawk F1 dijadwalkan akan rilis pada musim panas tahun 2016 ini. Apakah Fuze akan bertahan di industr video game yang persaingannya sangat ketat? Mungkin saja, mengingat fokus mereka adalah pasar negaranya sendiri. Tapi sekali lagi hanya waktu yang bisa menjawabnya.

.