Komunitas ToygraphyID: Bikin Mainan Lebih Hidup Lewat Foto

| Oleh: Yudi | 07 Apr 2016 - 4:47 PM
411
0
komunitas toygraphyid

Banyak dari kita menganggap mainan hanyalah sebatas alat untuk bergembira, barang koleksi atau pajangan. Namun tak demikian bagi komunitas ini. Di tangan ToygraphyID, mainan-mainan tersebut akan berubah menjadi benda hidup melalui foto-foto yang tak hanya bagus, tapi juga bercerita. Lewat lensa, mereka membuat mainan jadi tampak lebih hidup dan menyenangkan.

Komunitas ini terbentuk sejak akhir tahun 2012. Berawal dari kegelisahan beberapa toys photographer di Indonesia yang tidak menemukan wadah berekspresi di Indonesia. Dari sanalah, beberapa toys photographer Indonesia yang sebelumnya aktif dan saling berinteraksi di Instagram memutuskan untuk bertemu dan mendirikan komunitas toys photography pertama di Indonesia. Nama-nama tersebut seperti Desy, Agam, Fendy, Valiant, Anton, Felix, Yogi, beserta Mate yang akhirnya merumuskan nama ToygraphyID sebagai komunitas toy photography di Indonesia.

workshop komunitas toygraphyid

Tujuan utama ToygraphyID adalah menjadikan komunitas ini sebagai tempat berkumpulnya pecinta toy photography. Berbagi ilmu tentang teknik memotret yang benar hingga info dan review mainan juga menjadi salah satu tujuan dibentuknya ToygraphyID.

Seperti namanya, ToygraphyID adalah komunitas yang berfokus pada aktivitas memotret mainan. Namun mereka juga memiliki kegiatan lain, meliputi acara gathering yang dilakukan setiap bulannya atau hunting mainan. Hingga kini, ToygraphyID tercatat memiliki sekitar 90 anggota yang tersebar di beberapa kota besar Pulau Jawa, seperti Jabodetabek, Surabaya, Semarang, dan Solo. Sedangkan jumlah pengikut di akun Instagram-nya telah mencapai 14 ribu orang.

ToygraphyID memang lebih aktif di Instagram dalam memamerkan hasil karyanya. Melalui Instagram, mereka juga sering membuat challenge (tantangan) bulanan. Tantangan ini biasanya berupa tema foto yang sedang ngetren. Misalnya saja sedang tren Star Wars, maka peserta harus memotret mainannya dengan tema tersebut. Pemenang tantangan bisa memperoleh hadiah berupa mainan dan karyanya dijadikan featured.

salah satu karya komunitas toygraphyid

Selain Instagram, ToygraphyID juga cukup aktif di social media lain, seperti Twitter dan group Facebook. Group Facebook juga berfungsi sebagai forum obrolan seputar toy photography dan jual-beli mainan. Social media juga digunakan untuk member info seputar acara gathering atau event yang mereka datangi.

Saat ini ToygraphyID masih berbasis di Jakarta dan diketuai oleh Rozi Permana. Selain melakukan gathering rutin dan mengikuti event, ke depannya ToygraphyID berencana untuk membuat pameran foto atau workshop tentang toy photography. ToygraphyID juga berusaha untuk menjadikan toy photography sebagai hobi yang mengasyikan dan menghasilkan.

Jadi untuk para toy photographer di luar sana, tunggu apalagi? Kehadiran kalian akan disambut baik oleh ToygraphyID. Bergabung bersama untuk membuat hobi toygraphy semakin dikenal. Seperti slogan mereka, “Together We Make It Big!”. So, get toys and make them alive!

Mau kenalan sama mereka? Bisa lewat akun Instagram, Twitter, dan Facebook-nya ToygraphyID, ya!