Komunitas Harajuku dan Cosplay Indonesia (KHCI): Rumahnya Cosplayer Indonesia

| Oleh: Yudi | 12 May 2015 - 12:30 PM
253
0
anggota komunitas harajuku dan cosplay

Berdiri sekitar tahun 2011 atas ide para founder-nya untuk mengembangkan dan mempopularkan hobi cosplay di Indonesia. Uniknya, meskipun disebut sebagai komunitas tapi KHCI mengaku bahwa ini hanya sebuah fanpage di situs Facebook. “Kita sebetulnya cuma fanpage aja di Facebook. Kalau dibilang komunitas, ya mungkin lebih tepatnya komunitas di dunia maya,” demikian ujar salah satu admin KHCI.

Meskipun KHCI tidak punya kegiatan rutin seperti gathering, tapi aktivitas yang dilakukan KHCI cukup beragam dan atraktif. Mereka biasanya hadir di beberapa event cosplay atau Jejepangan yang cukup besar, seperti Hobbyfest. Kadang mereka juga mengadakan cosplay photo contest atau kontes fanart di page Facebook mereka. Dan hadiah yang ditawarkan bagi pemenang kontes ini cukup besar.

kegiatan komunitas cosplay dan harajuku indonesia

Bagaimana soal keanggotaannya? Bebas tanpa syarat. Artinya semua bisa dan boleh bergabung di fanpage KHCI dan mengikuti aktivitas mereka. “Disini (KHCI) tidak ada keterikatan. Kita bukan organisasi, paling di sini hanya ada admin sebagai penanggungjawab fanpage.” Menariknya lagi, KHCI ini bukan hanya dihuni bagi para penggemar dan pecinta cosplay, tapi banyak juga komunitas otaku lainnya yang turut meramaikan.

“Sebetulnya saat fanpage mulai ramai dan banyak beberapa komunitas otaku yang ikut bergabung, admin sempat ingin merubah nama KHCI yang awalnya Komunitas Harajuku & Cosplay Indonesia menjadi Komunitas Hobi & Cosplay Indonesia. Tujuannya agar lebih luas dan tidak sebatas pada cosplay,” ujar mereka.

Mengantongi jumlah liked lebih dari 30 ribu, KHCI berupaya untuk bisa terus berperan dalam pengembangan hobi cosplay dan otaku lain di Indonesia. Melalui fanspage, group, bahkan social media lain seperti Twitter dan blog, KHCI membagikan informasi tren-tren cosplay dan hobi lain ke seluruh Indonesia.

para cosplayer

Khususnya bagi cosplayer, ada group Facebook yang membahas tema tertentu, misalnya cosplay Naruto, One Piece, Tokusatsu, Vocaloid. Ada juga group untuk belajar cara make-up cosplay hingga jual beli kostum cosplay. Bagi otaku lain ada juga group khusus yang membahas soal komik/manga/doujin, toys/figure, hingga cosplay photography.

“Kita berusaha untuk selalu sharing apapun soal cosplay dan hobi lain supaya kegiatan hobi ini umurnya panjang dan semakin banyak peminatnya. Harapannya para otaku di seluruh Indonesia, tidak hanya di kota-kota besar bisa terus update. Jadi semakin banyak lahir orang-orang kreatif di Indonesia dan kita semua have fun di sini.”

Facebook:

https://www.facebook.com/komunitasharajukucosplayindonesia
https://www.facebook.com/groups/haracosu/

Twitter: @khcitwit, @haracosu
Email: khcionline1@gmail.com

.