Komparasi Mainan Super Wings Asli vs Palsu (Bagian 2-Selesai): Yang Palsu Doyan Ngarang

| Oleh: George | 12 Dec 2016 - 8:38 PM
222
0
mainan super wings asli vs palsu

Seperti yang sudah Kupaman bahas beberapa waktu lalu, salah satu mainan yang banyak dipalsu adalah mainan Super Wings. Nah, karena kemarin masih belum tuntas membahas ragam mainan palsu Super Wings, makanya dilanjutkan kali ini. Maklum barang palsu Super Wings nyaris enggak karuan banyaknya.

Yang Kupaman beberapa waktu lalu sebenarnya barang palsu Super Wingsnya meniru varian Mini Change ‘Em Up-nya mainan Super Wings yang asli, kali ini yang Kupaman temukan malah makin ngaco. Ada yang ukurannya cukup berbeda dengan mainan Super Wings yang asli, sampai ada juga yang bentuknya mirip LEGO. Padahal mainan Super Wings asli tak pernah merilis versi bricks, loh!

perbandingan pose mainan super wings asli dan palsu

Nah, kalau dilihat-lihat, kayaknya mainan Super Wings  palsu ini meniru Super Wings Change ‘Em Up yang asli. Namun dari segi dimensi cukup berbeda. Mainan Super Wings Change ‘Em Up yang asli misalnya Super Wings Jett Change ‘Em Up! berukuran 11 cm dalam versi robot dan panjang sekitar 12 cm ketika dalam posisi jadi pesawat. Sedangkan mainan Super Wings palsu Change ‘Em Up jadi-jadian dimensinya hanya sekitar 7 cm dalam bentuk robot dan 8 cm dalam bentuk pesawat. Jadi memang lebih kecil.

Perbedaan lainnya tentu pada detail dan material yang digunakan. Mainan Super Wings Change ‘Em Up asli menggunakan material plastik berkualitas. Lalu cetakannya presisi, warnanya cerah, catnya juga rapi. Sedangkan barang palsunya bahan plastiknya terlihat kurang baik. Akibatnya walaupun tetap bisa berubah bentuk dari mode robot ke mode pesawat dan sebaliknya, namun seringkali ada bagian-bagian terutama pada engsel yang mudah copot.

Satu hal yang paling telak adalah pada artikulasi. Mainan Super Wing Change ‘Em Up yang asli titik-titik artikulasinya jauh lebih banyak. Ini menyebabkan mainan Super Wings Change ‘Em Up yang asli sangat lentur untuk dipose. Sementara itu Mainan Super Wings palsu titik artikulasinya sangat terbatas, tidak lebih baik dari mainan Super Wings Mini Change ‘Em Up yang asli. Makanya posenya sangat terbatas. Malah sebenarnya sih, enggak bisa dipose. Cuma bisa berubah doang!

kemasan maina super wings palsu

Oh iya, ciri lain yang mudah dikenali adalah kemasan mainan Super Wings palsu Change ‘Em Up wanna be itu biasanya kurang bagus. Malah ada yang keterangannya pakai bahasa Rusia semua. Ajaib, kan? Tak kurang ajaibnya, ada juga kemasan isi 3 alias 3 pack. Padahal mainan Super Wings Change ‘Em Up asli selalu dalam kemasan tunggal.

Nah, selain mainan Super Wings palsu tersebut di atas, ada lagi mainan Super Wings palsu yang kadar ngaconya lebih kelewatan lagi. Yaitu ada mainan Super Wings berbentuk bricks. Padahal mainan Super Wings asli yang tidak mempunyai varian seperti itu. Nampaknya para pemalsu mulai kebablasan “kreativitasnya” sampai mengarang sendiri varian yang tak penah ada di barang aslinya.

Sayang sekali, namanya juga barang palsu, material plastiknya ringkih sehingga kurang nyaman untuk dirakit. Juga kurang kokoh sehingga ada part-part yang mudah patah. Lagian, kalau mainin mainan Super Wings kayak gini, kelihatan banget barang palsunya. Hmm, apa enggak malu mainin mainan bajakan?

Nah, kalau yang ini dijamin bukan barang palsu, simak dulu Review Boneka Plush Super Wings: Jett dan Kawan-kawan Yang Lucu dan Lembut.