Komik New Superman: Superman Asal Tiongkok Namun Bernama Jepang

| Oleh: Rio | 01 Apr 2016 - 6:00 PM
253
0
gene luen yang penulis new superman

Kayaknya DC Comics dan Marvel lagi keranjingan bikin karakter berdarah Asia. Setelah Marvel membuat komik Hulk yang alter egonya seorang keturunan Korea, kali ini Superman yang dikutak-katik asal-usulnya oleh DC Comics. Ya, DC Comics baru-baru ini mengumumkan akan membuat komik twist Superman dengan identitas baru.

Jadi kalau selama ini Superman kita kenal sebagai perwujudan dari Clark Kent yang berkulit putih, kali ini DC Comics akan menampilkan Superman yang merupakan perwujudan dari seorang remaja berusia 17 tahun asal kota Shanghai, Tiongkok. Namanya pun berubah jadi Kenji Kong.

sketsa komik new superman

Komik yang akan diberi judul New Superman itu dikarang oleh Gene Luen Yang. Asal tau aja, Gene Luen Yang memang seniman komik kelahiran Amerika berdarah Tiongkok yang sempat bikin heboh lewat komiknya, American Born Chinese yang menggabungkan cerita tradisional Tiongkok, Sam Kok dengan kisah seorang anak Tionghoa yang tumbuh di Amerika.

Namun demikian, ide untuk membuat Superman sebagai orang Asia tidak datang dari Gene Luen Yang, melainkan dari DC co-publisher Jim Lee dan chief creative officer Geoff Johns. Tapi Gene Luen Yang ternyata bukan hanya mengarang cerita Superman asal Shanghai tersebut dalam bentuk gambar, namun juga ikut menciptakan namanya.

new superman kenji kong

Konon nama Kenji Kong didapat setelah Gene berkonsultasi dengan ibunya yang memang asli kelahiran Tiongkok. Selain terdengar mirip Clark Kent (karena unsur huruf K), juga supaya lebih mudah diucapkan oleh orang Barat. Makanya walaupun Kenji sebenarnya nama Jepang, akhirnya dipilih karena lebih mudah diucapkan ketimbang nama asli Tiongkok. Sayangnya hal ini yang menyebabkan Gene Luen Yang mendapat banyak kritikan di Twitter dari netizen asal Tiongkok yang kecewa.

.