Kisah Origin Riri Williams Si Iron Man Baru Terinspirasi Kisah Nyata

| Oleh: Kylo | 11 Nov 2016 - 8:00 PM
467
0
asal usul kisah riri williams

Seperti yang telah menjadi rahasia umum, pasca event crossover Civil War II, Tony Stark tidak akan menjadi Iron Man lagi. Sebagai penggantinya, ada dua Iron Man baru di Marvel Comics. Yang pertama adalah Doctor Doom yang memulai debutnya di komik Infamous Iron Man dan yang kedua adalah generasi penerus baru yang sah dari Tony Stark yaitu Riri Williams.

Warning: Di dalam artikel ini terdapat spoiler dari komik Invincible Iron Man #1!

Issue pertama komik The Invicible Iron Man yang terbit tanggal 9 November 2016 kemarin, merupakan debut Riri Williams sebagai Iron Man baru. Di komik tersebut kisah origin/ asal muasal Riri diungkap. Ternyata beberapa tahun sebelum ia menjadi Iron Man baru (yang nantinya akan menggunakan nama Iron Heart), Riri mengalami sebuah kejadian tragis yang menimpa keluarga dan sahabat dekatnya. Ketika mereka sekeluarga sedang asyik piknik di sebuah taman terjadi peristiwa penembakan. Akibat peristiwa berdarah beberapa orang yang juga sedang berada di taman termasuk keluarga Riri, tertembak. Kejadian mengerikan itu merenggut nyawa dari ayah angkatnya Riri dan juga sahabatnya sejak kecil, Natalie.

cerita origin riri williams iron man baru

Menurut penulis Brian Michael Bendis penulis komik The Invicible Iron, ternyata kisah Riri tersebut terinspirasi dari sebuah kisah nyata dimana pada bulan Agustus 2016 lalu terjadi beberapa kasus kekerasan menggunakan senjata api yang berlangsung di Chicago. Ada sekitar 400 korban penembakan yang terjadi pada bulan itu. Kisah origin/asal muasal dari superhero yang keluarganya tewas dikarenakan penembakan bukanlah hal yang baru. Ambil saja contohnya superhero Spider-Man dimana Pamannya tewas terbunuh oleh perampok dan Batman yang ketika masih kecil, kedua orang tuanya terbunuh karena ditembak oleh penjahat bernama Joe Chill.

Namun berbeda dengan kisah kedua superhero populer tadi, peristiwa penembakan yang menewaskan orang-orang terkasih dari Riri Williams hanyalah satu diantara beberapa hal yang akhirnya membuatnya dikemudian hari memutuskan diri untuk menjadi seorang superhero, menggantikan Iron Man. Sedari kecil, Riri merupakan anak spesial yang dikategorikan sebagai Super Jenius dan ketika umurnya baru 15 tahun ia telah menjadi superhero pengganti Iron Man yang keberadaannya masih misterius pasca event Civil War II.

 

riri wiliams iron heart

Ya, komik The Invicible Iron Man ini seting waktunya berlangsung sesudah komik Civil War II berakhir. Komik mini-seri yang saat ini baru terbit enam buah issue dari total delapan issue yang direncanakan. Jadi masih ada dua edisi lagi dari komik Civil War II sebelum pembaca akan mengetahui nasib dari Tony Stark dan mengapa ia memilih Riri menjadi penerusnya. Wah-wah, kira-kira apa yang terjadi yah jadi semakin penasaran nih. Apalagi ternyata Tony hadir, loh, di komik yang menjadi bagian dari Marvel NOW! Ini. Cuma masalahnya dia hadir bukan dalam bentuk fisik.