Kimi no Na wa Menjadi Anime Dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

| Oleh: Yudi | 19 Jan 2017 - 6:00 AM
382
0
kimi no na wa raih pendapatan hingga triliunan rupiah

Lima bulan telah berlalu sejak perilisan pertama Kimi no Na wa di Jepang, film karya Makoto Shinkai ini masih terus mendulang popularitas. Permohonan sang sutradara untuk berhenti menonton film tersebut tak lebih dari sebuah angin lalu. Buktinya, hingga kini masih banyak orang yang pergi ke bioskop untuk sekedar menonton ulang kisah Mitsuha dan Taki yang penuh keajaiban tersebut.

Apalagi film ini juga baru mulai tayang di negara lain, seperti Korea Selatan, Cina, dan yang terbaru kemarin adalah Amerika. Hebatnya, hampir di seluruh negara tersebut Kimi no Na Wa berhasil memuncaki box office atau setidaknya memecahkan rekor pendapatan tertinggi sepanjang masa dalam kategori film animasi 2D.

kimi no na wa kalahkan spirited away dalam pendapatan internasional

Berkat pendapatan tersebut, film Kimi no Na Wa akhirnya mampu melampaui salah satu film produksi Studio Ghibli, Spirited Away. Sebetulnya di Jepang sendiri Spirited Away masih menjadi film anime dengan total pendapatan terbesar, yaitu sekitar 30.4 milyar Yen (sekitar Rp 3.5 triliun), meninggalkan Kimi no Na wa yang baru mengantongi pendapatan sekitar 23 milyar Yen (sekitar Rp 2,7 triliun).

Namun beda cerita jika dilihat dari perhitungan di seluruh dunia. Salah satu situs milik Amerika, The Numbers, baru-baru ini mengeluarkan daftar yang menyebutkan bahwa Kimi no Na wa memiliki pendapatan box office terbesar di seluruh dunia. Total pendapatan yang berhasil mereka dapatkan adalah sekitar $331.6 juta USD (sekitar Rp 4.4 triliun), nyaris dua kali dari jumlah pendapatan mereka di Jepang.

Jumlah ini mengalahkan Spirited Away yang hanya mampu meraih pendapatan internasional sekitar 274,9 juta Dolar (sekitar Rp 3,6 triliun). Peran berbagai penggemar, seperti di Tiongkok dan Korea Selatan menjadi salah satu alasan mengapa Kimi no Na Wa berhasil mengungguli Spirited Away. Sambutan dan animo luar biasa ini ternyata mampu menciptakan tren positif yang membuat Kimi no Na Wa menjadi sesuatu yang sangat hits.

kimi no na wa raih gelar animated of the year

Angka fantastis tersebut turut membawa Kimi no Na wa menduduki peringkat ke-70 dari daftar film animasi yang meraih pendapatan tertinggi sepanjang masa versi situs The Numbers. Sementara Spirited Away harus puas tertinggal di peringkat 82. Selain dua film tersebut, tak ada lagi judul anime Jepang di dalam daftarnya.

Makoto Shinkai boleh saja tak senang dan berharap agar karyanya tak memenangkan nominasi apapun. Namun dengan berbagai peraihan fenomenal yang terus dicatat oleh Kimi no Na wa, rasanya bukan hal mustahil jika film ini semakin dekat untuk meraih nominasi Academy Awards 2017. Kimi no Na wa bahkan telah mendapat gelar Animated of the Year dari Japan Academy Prize Association.

Ikuti juga juga Novel Spin-Off Kimi no Na wa Akan Diadaptasi Dalam Bentuk Manga.