Kenapa Spider-Man Baru Gabung di MCU dan Fantastic Four Absen di Civil War?

| Oleh: Kylo | 07 May 2016 - 12:59 PM
2315
0
fantastic four

Percaya atau tidak, Marvel ternyata tak memiliki lisensi untuk semua karakternya di layar lebar. Itulah mengapa film the Avengers dari Marvel Studios hanya menampilkan sedikit karakter superhero saja jika dibandingkan versi komiknya. Tak lain karena terbentur masalah hak cipta/ lisensi.

Walau ada beberapa film superhero yang ada menampilkan tokoh-tokoh superhero dari Marvel Comics dan pada bagian awalnya terdapat logo Marvel, itu sebenarnya bukan film Marvel. Film Marvel disini yang dimaksud adalah film yang digarap oleh Marvel Studios seperti Iron Man, Captain America, Ant-Man, Thor, Guardians of the Galaxy dan lain-lain.

Penyebab mengapa lisensi dari karakter-karakter Marvel Comic untuk layar lebar bisa terpencar-pencar dimulai tahun 1996 ketika Marvel sedang di ambang krisis finansial parah. Ya, kamu enggak salah baca. Penerbit Marvel Comics pernah hampir gulung tikar!

karakter komik marvel

Untuk menyelamatkan usahanya, Marvel membuat beberapa perjanjian lisensi yang memberikan hak kepada para perusahaan/studio pembuat film untuk bisa menggunakan karakter komik mereka di layar lebar. Misalnya dengan Fox dan Sony Pictures.

Karena situasi keuangan yang sulit, Marvel tidak dalam posisi tawar menawar yang baik. Menurut The Wall Street Journal, Marvel hanya menerima sekitar lima persen dari keuntungan yang didapat film-film yang menggunakan karakter lisensi tersebut. Namun kesuksesan film X-Men produksi Fox (2000) dan Spider-Man produksi Sony (2002), membuat Marvel sadar bahwa film superhero dapat menjadi sebuah bisnis yang besar.

Nah, dari situlah Marvel Studios mencoba memproduksi filmnya sendiri dengan mengajukan kredit senilai 525 juta dolar. Konsep film garapan Marvel Studios ini adalah serangkaian film yang saling berkaitan satu dengan yang lain yang kemudian menciptakan Marvel Cinematic Universe (MCU). Makanya film-film superhero yang mereka rilis terdapat dalam satu dunia yang sama dan karakter-karakternya bisa saling bertemu. Seperti di Marvel’s the Avengers atau yang paling baru di Captain America: Civil War.

avengers

Sayangnya ketika Marvel mendirikan Marvel Studios, beberapa karakter mereka lisensinya telah dimiliki berbagai perusahaan pembuat film. Jadi butuh kesepakatan bahkan keajaiban agar karakter-karakter yang telah tercerai-berai tersebut bisa kembali ke pelukan mereka. Salah satu keajaiban tersebut adalah masuknya Spider-Man, yang dipinjamkan oleh Sony agar menjadi bagian dari MCU. Ini adalah hasil perjanjian kerjasama diantara keduanya yang berlangsung pada bulan Februari tahun 2015 lalu.

Nah, mau tau tentang karakter-karakter superhero Marvel yang tercerai-berai karena masih dimiliki studio yang berbeda-beda? lanjutannya ada di sini.

.