Kenan Kong: Nama Baru Superman Dari Tiongkok di Komik New Super-Man

| Oleh: Kylo | 20 Apr 2016 - 12:36 PM
463
0
komik new superman

Selama berpuluh-puluh tahun nama Clark Kent sudah identik dengan karakter superhero Superman. Namun mulai bulan Juli mendatang akan ada Superman baru yang berasal dari Tiongkok yang hadir melalui serial komik DC Comics baru, New Super-Man.

Superman baru yang memiliki kostum dominasi warna merah dengan logo berwarna kuning ini diperkenalkan pertama kali via event DC Rebirth. Ia akan mengantikan Superman lama yang kekuatannya karena suatu hal menyebar ke beberapa orang. Salah satunya adalah seorang remaja dari Shanghai yang bernama Kenan Kong.

kenan kong superman asal tiongkok

Komik yang ditulis oleh Gene Luen Yang dan digambar oleh Viktor Bodganovic ini menampilkan karakter New Super-Man yang juga akan memiliki identitas rahasianya. Nah,salah satu tugas terberat dari Gene adalah untuk memilih nama sipil dari Superman baru tersebut.

Dalam memilih nama sipil yang ada Tiongkok untuk menjadi nama idetintas rahasia dari New Super-Man, ada beberapa batasan yang ditetapkan oleh Gene untuk menghasilkan nama yang tepat. Gene mencoba untuk mencari nama orang Tiongkok yang masuk akal dan namanya memiliki makna yang berhubungan dengan perjalanan yang akan dialami sang karakter.

Ketentuan lainnya dari nama versi Tiongkoknya harus menggunakan huruf Pinyin dan memiliki initial K.K. Inisial nama K.K ini dipakai sebagai penghubung antara karakter baru dengan Clark Kent yang berinisial C.K. Kenapa inisial C.K sendiri tidak digunakan? Soalnya dikarenakan tidak ada pengucapan ‘C’ yang kuat di Pinyin. Lalu syarat terakhirnya adalah nama versi Pinyin tidak boleh terdengar berbau Jepang.

sketsa komik new superman

Nah dengan batasan-batasan tersebut Gene Luen Yang akhirnya memilih nama Kenan Kong dan tidak jadi menggunakan nama Kenji Kong. Jika Kenji jadi digunakan, maka akan terasa sangat janggal sekali. Karena bagian sebagian besar pembaca, nama Kenji jelas berbau “Jepang”. DC juga memutuskan untuk pengucapan nama Kenan menjadi “Keh-nahn” dibanding dengan “Kee-nen”.

Nama depan Kenan merupakan gabungan dari dua kata ‘Ke” dan “Nan.” Ke berarti “untuk mengatasi sesuatu” yang sangat cocok dengan image dari seorang Superman.  Nan sendiri berarti Selatan yang cocok untuk Kenan yang memang berasal dari Shanghai. Penduduk Beijing biasa memanggil orang Shanghai dengan sebutan “Orang Selatan”

Serial komik New Super-Man akan mulai debut pada tanggal 13 Juli 2016.

.