Kenalan Dengan Black Panther, Superhero Yang Bakal Debut di Captain America: Civil War

| Oleh: Kylo | 05 Apr 2016 - 7:24 AM
2237
0
black panther

Jika tidak ada aral melintang, film Captain America: Civil War akan tayang di minggu keempat bulan April 2016 ini. Sekitar seminggu lebih awal dari tanggal tayang resminya. Banyak hal keren yang akan terjadi di film ke-13 Marvel Cinematic Universe (MCU) ini. Selain menampilkan banyak superhero, sekaligus menjadi debut dua superhero baru di MCU, yaitu Black Panther (diperankan Chadwick Boseman) dan Spider-Man (diperankan Tom Holland).

Spider-Man rasanya enggak usah diperkenalkan lagi karena seluruh dunia sudah mengenalnya. Namun pasti banyak yang masih merasa asing dengan Black Panther yang di TV Spot terbaru Captain America: Civil War berpihak pada Iron Man dan berhadapan dengan Captain America. Nah, supaya makin akrab dengansuperhero yang kata orang mirip karakter Batman dari DC Comics ini, kita simak fakta-faktanya, yuk!

1. Black Panther muncul pertama kali di komik Fantastic Four #52 (1966), diciptakan oleh Jack Kirby dan Stan Lee. T'Challa si Black Panther menjadi superhero berkulit hitam pertama di Marvel Comics. Stan Lee terinspirasi komik jadul Fantastic Adventures yang tokoh utamanya menunggangi seekor Black Panther. Nama konsep awal dari desain yang diciptakan oleh Jack Kirby mengungkapkan bahwa Black Panther aslinya bernama Coal Tiger.

debut black panther di captain america: civil war

2. T’Challa adalah pangeran dari Wakanda, negara fiksi di benua Afrika. Di Marvel Comics, Wakanda adalah salah satu negara paling modern di dunia yang didukung dengan ilmuwan-ilmuwan brilian dan teknologi canggih. T’Challa sendiri memiliki tingkat kejeniusan yang setara dengan Tony Stark dan Reed Richards.

3. Kostum Black Panther yang terbuat dari bahan metal langka Vibranium yang juga digunakan untuk membuat tameng Captain Amerika dapat menyerap benturan sehingga membuatnya anti peluru. Vibranium merupakan sumber daya alam yang hanya terdapat di Wakanda dan berasal dari batu meteorit yang jatuh ke Bumi.

4. Selain kostum, Black Panther memiliki kekuatan mistis yang berasal dari tumbuhan yang berbentuk hati. Dengan kekuatan mistisnya Black Panther bisa menyatu dengan jiwa dari Bast, Panther God yang menganugrahinya kecepatan, kekuatan, kemampuan penyembuhan dan indera jauh peka dari manusia normal. Pada dasarnya Black Panther mirip dengan Batman. Selain kemiripan kostumnya, ia juga mengalahkan musuh-musuh yang jauh lebih tangguh dan besar ukurannya dengan mengandalkan kemampuan bertarung dan taktik.

5. Walau nama Black Panther sudah keren, tapi ia sempat berganti nama menjadi Black Leopard karena dianggap memiliki asosiasi dengan organisasi politik tertentu. Tapi akhirnya nama Black Panther kembali digunakan karena memang jauh lebih keren. 

sketsa komik black panther

6. Pada awalnya topeng Black Panther terbuka sebagian di bagian mulutnya seperti Batman. Namun akhirnya topengnya dibuat menutupi seluruh bagian wajahnya karena pada waktu itu karakter berkulit hitam dianggap kontroversial.

7. Black Panther dan Storm dari X-Men pernah menikah. Pernikahannya itu adalah sesuatu yang spektakuler. Kenapa? Karena bahkan Tony Stark dan Steve Rogers yang saat itu sedang terlibat Civil War melakukan gencatan senjata sementara untuk menghadiri pestanya.

8. Ketika T'Challa menggantikan DareDevil untuk melindungi Hell's Kitchen adik perempuannya, Shuri menggantikannya menjadi Black Panther yang baru.

9. Setelah Shuri menjadi Black Panther, T'Challa memperoleh kekuatan baru yang misterius dari Dewa yang belum terungkap identitasnya. Dengan kekuatan baru ini, T'Challa menjadi Raja dari Kematian yang membuatnya memiliki semua pengetahuan dari seluruh generasi Black Panther sebelumnya. Kemampuan lainnya adalah mengontrol mahluk undead.

10. Black Panther juga pernah bergabung dengan beberapa grup superhero selain Avengers, Misalnya The Defenders, Ultimates dan Fantastic Force. Di Fantastic Four ia pernah menjadi pimpinan menggantikan Reed Richards dan Storm menggantikan Invisible Woman.

Nah, ternyata Black Panther, keren juga yah? Selain akan debut di Captain America: Civil War, serial komik terbarunya juga telah terbit di bulan yang sama. Di komik yang ditulis Ta-Nehisi Coates dan digambar Brian Stelfreeze ini, Black Panther akan berhadapan dengan grup teroris the People.

.