Kawasaki Tengah Kembangkan Motor Yang Bisa Berbicara

| Oleh: Yudi | 30 Aug 2016 - 12:00 PM
112
0
motor bicara milik kawasaki

Lagi-lagi keajaiban teknologi berbicara. Jika kemarin sebuah perusahaan kecil di Osaka berusaha mewujudkan robot yang bisa dikendarai manusia seperti Gundam, kali ini giliran industri motor ternama asal Jepang mencoba mengembangkan teknologi AI (Artificial Intelligence) dalam kendaraan roda dua tersebut.

Hingga kini, motor masih dinilai sebagai alat transportasi yang multi-fungsi, efisien, hemat, dan terjangkau. Tak kalah dengan mobil, teknologi motor juga semakin canggih. Salah satunya seperti motor yang tengah dikembangkan pabrikan Kawasaki ini.

kawasaki kembangkan teknologi ai

Ada yang pernah mendengar Kino’s Journey: The Beautiful World (Kino no Tabi: The Beautiful World)? Ini adalah judul lite novel yang terbit tahun 2000. Lite novel ini menceritakan tokoh utama bernama Kino dan motornya, Hermes. Mereka berdua berpetualang ke berbagai tempat dan bertemu banyak orang. Hermes bukanlah motor biasa, karena dia mampu berbicara.

Tampaknya Hermes akan hadir di dunia nyata melalui teknologi AI yang dikembangkan Kawasaki dalam motor barunya. Motor ini memiliki mesin dengan sistem (yang masih dikembangkan) bernama Kanjo Engine, atau dalam bahasa Inggris berarti Emotion Engine. Kehebatan sistem ini adalah kemampuannya untuk memahami dan melakukan komunikasi dengan pengendara melalui AI.

Tujuan utama dari pengembangan teknologi dan sistem ini adalah untuk menciptakan sebuah motor yang bisa mengetahui profil pengendaranya (pengalaman, kemampuan dan gaya berkendara). Melalui hal tersebut, nantinya AI akan memberi saran bagaimana mengendarai motor yang aman dan nyaman. Sistem ini juga akan mengatur setelan motor secara otomatis sesuai profil pengendara.

motor tanpa awak

Sayangnya, AI tersebut hanya bisa berfungsi di mesin dan spare part motor yang dibuat Kawasaki. Tentunya pengaturan sistem AI ini juga harus dilakukan oleh mekanik khusus yang berpengalaman. Karena masih dalam tahap pengembangan, pihak Kawasaki belum menjelaskan bagaimana cara berkomunikasi antara motor dengan pengendaranya.

Ide mengenai penanaman teknologi AI dalam motor sebetulnya bukan hal yang betul-betul baru. Tahun 2015 kemarin, Yamaha sudah lebih dulu memperkenalkan Motobot, sebuah robot motor tanpa awak yang bisa beroperasi otomatis untuk situasi darurat. Setidaknya teknologi AI ini bisa menemani pengendara untuk mengobrol selama perjalanan.