Kalau Pesawat Luar Angkasa Dibuat Dari LEGO, Butuh Berapa Keping Ya?

| Oleh: Yudi | 10 Mar 2016 - 6:12 PM
135
0
pedoman jumlah keping kreasi lego

Pernahkah terbesit dalam fikiran kalian untuk membuat benda-benda keren yang pernah muncul di film-film dengan kepingan LEGO namun dengan ukuran sebenarnya? Matija Putzar, seorang LEGO expert pemegang lisensi LEGO Certified Professional terkenal dengan kreatifitasnya memberikan pedoman bagi kalian yang ingin membuat sesuatu berukuran asli (life-size) dengan LEGO. Pedoman ini memang tak berisi tentang bagaimana cara membuatnya, melainkan hanya jumlah kepingan LEGO yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Misalnya untuk membuat Baby Groot dari film Guardians Of The Galaxy, maka dibutuhkan sekitar 550 keping LEGO. Bagaimana jika membuat Flying Delorean, mobil terkenal dari film Back To The Future? Siapkan sebanyak 573.314 keping LEGO dan kalian siap menjelajah waktu. Namun tentu saja kalian juga membutuhkan rangka baja, roda dan mesin, jika ingin mobil dari LEGO ini betul-betul bisa beroperasi.

perkiraan jumlah LEGO untuk kreasi

Kalian penggila Star Wars dan ingin membuat beberapa kendaraan yang ada di film-nya? Putzar memperkirakan sebuah X Wing dapat dibuat menggunakan 5.5 juta keping LEGO. Sementara Millenium Falcon membutuhkan 15,5 juta keping LEGO. Bahkan kalian bisa membuat The Death Star dengan 435 triliun keping LEGO! Bukankah itu sangat fantastis? Meskipun Putzar sendiri berpendapat bahwa membuat The Death Star terlihat sedikit mustahil karena bobotnya terlalu berat.

Masih datang dari luar angkasa. kalian juga bisa membuat pesawat antariksa sendiri, seperti Space Shuttle milik Amerika, dengan 58,3 juta keping LEGO atau roket Saturn V dengan 104,9 juta keping LEGO.

jumlah bricks untuk kreasi lego raksasa

Sebetulnya masih banyak lagi benda yang berhasil diterjemahkan oleh Matija Putzar dalam jumlah kepingan LEGO. Di antara benda yang disebutkan Putzar dalam pedomannya ini ada satu yang jumlahnya mendekati tepat, yaitu The Tardis, mesin waktu dari film Doctor Who. Seorang temannya membuat The Tardis menggunakan 150.997 keping LEGO.

Untuk membuat benda-benda tersebut, tentunya kalian akan memerlukan banyak sekali kepingan LEGO dan tempat yang sangat luas untuk membuatnya. Selain itu, Putzar juga mengatakan dibutuhkan rangka baja dan lem saat membuat benda yang berukuran sangat besar, agar sambungan tiap keping LEGO bisa tetap kuat dan stabil. Intinya, tak ada yang mustahil. Dengan kekuatan imajinasi, kalian bahkan bisa membuat dunia sendiri dari LEGO.

.