Kabar Terbaru Attack on Titan Anime dan Live Action

| Oleh: Yudi | 26 Jun 2015 - 4:13 PM
60
0
anime attack on titan

Kabar kurang menyenangkan muncul dari The Shanghai Internasional Film Festival yang berlangsung mulai tanggal 13 sampai 21 Juni nanti. Pasalnya, beberapa anime terkena blacklist, alias pemblokiran dan terpaksa gagal screening. Salah satu anime yang diblokir penayangannya adalah Attack On Titan.

Pemerintah Tiongkok melakukan pembatalan secara mendadak tepat sehari sebelum festival ini resmi dibuka. Attack On Titan beserta 38 judul anime terkenal lainnya, seperti SAO, High School DXD, Death Note, Tokyo Ghoul, Devil May Cry dan lainnya masuk dalam daftar blacklist karena dianggap mengandung unsur yang tak pantas dan melanggar seperti pornografi atau kekerasan.

Selain anime dan manga, pemerintah Tiongkok juga menutup sebanyak 29 situs yang menyediakan akses ke judul anime atau manga yang belum mendapat izin. Memang sejak bulan April lalu pemerintah Tiongkok memberlakukan aturan ketat terhadap penyiaran anime dan manga. Judul yang belum mendapat izin atau mengandung unsur tak pantas seperti kekerasan akan otomatis diblokir.

film live action attack on titan

Gagalnya penayangan screening Attack On Titan dan penutupan situs-situs anime ini mendapat banyak reaksi dari fans anime, baik di dalam negeri Tiongkok ataupun dari luar Tiongkok. Mereka menganggap bahwa tindakan ini merupakan tanda bahwa pemerintah Tiongkok anti terhadap Jepang. Mereka juga menganggap kejadian ini berhubungan erat dengan politik. Maklum sebelumnya koran lokal Tiongkok melancarkan kampanye bahwa film Stand By Me Doraemon adalah bentuk penjajahan budaya Jepang terhadap anak-anak muda Tiongkok. Sampai saat ini memang belum ada tanda-tanda pencabutan pelarangan Attack on Titan dan anime lainnya oleh pemerintah Tiongkok.

Namun walau anime-nya batal screening di Shanghai, kabar baik muncul dari Attack On Titan live action. Film yang direncanakan tayang awal Agustus 2015 ini akhirnya resmi menyebutkan tujuh tokoh baru yang akan ikut bergabung. Yaitu Hiana (Ayame Misaki), Souda (Pierre Taki), Kubal (Jun Kunimura), Fukushi (Shu Watanabe), Sannagi (Satoru Matsuo), Lil (Rina Takeda), dan yang paling dinanti adalah tokoh misterius Shikishima (Hiroki Hasegawa).

Terlepas apakah film live action Attack On Titan juga akan dilarang penayangannya di Tiongkok, mari kita sama-sama berdoa agar masalah ini tak terjadi di Indonesia. Jadi kita masih bisa menikmati anime Attack on Titan di saluran tivi kabel Animax dan menantikan film live action Attack on Titan yang akan dirilis tahun ini.

.