Kabar Film Live-Action One Piece Ternyata Hanya Hoax!

| Oleh: Yudi | 18 Jun 2016 - 12:15 PM
799
0
hak cipta one piece dibeli perusahaan tiongkok

Tanggal 16 Juni 2016 kemarin sempat beredar kabar jika anime One Piece akan dibuat versi Live-Action. Kabar ini tak perlu waktu lama untuk menjadi viral, mengingat penggemar cerita bajak laut ini memang tersebar di seluruh dunia. Maklum saja saking populernya, One Piece sampai dinobatkan sebagai komik serial terlaris di dunia oleh Guiness World of Record. Berbagai reaksi tentu saja muncul, namun yang paling mengejutkan ternyata bukan rencana pembuatan Live-Action-nya, melainkan pembelian hak cipta (copyright) One Piece oleh sebuah perusahaan asal Tiongkok.

Kabar ini diperkuat dengan keluarnya selembar press release dari perusahaan tersebut yang turut diberitakan dalam situs Business Wire (sayangnya artikel terkait telah dihapus). Dalam situs ini juga disebutkan berapa nilai nominal pembelian hak cipta One Piece dari sang mangaka, Eiichiro Oda. Dari sinilah kecurigaan dan reaksi tak percaya muncul.

rencana pembuatan live-action one piece

Adalah perusahaan bernama Shanghai Minghuan Investment Co., Ltd. yang membuat pengumuman tentang pembelian hak cipta dan rencana pembuatan Live-Action One Piece. Anehnya lagi, perusahaan ini hanya mengeluarkan sebesar 1,6 milyar Yen (sekitar Rp 204 milyar) untuk memboyong hak cipta One Piece dari Eiichiro Oda. Jumlah yang tak sebanding dengan nilai One Piece saat ini. Beberapa fans menanggapi sinis dengan mengatakan bahwa Oda mampu menghasilkan uang lebih banyak dari itu.

Dalam pengumuman tersebut disebutkan bahwa pembelian hak cipta ini nantinya akan digunakan untuk membuat beberapa project, seperti film Live-Action, serial TV dan franchise lainnya yang akan diproduksi perusahaan Shanghai Minghuan Investment. Mereka bahkan telah menyebutkan beberapa pemeran yang bakal bermain di film Live-Action-nya nanti, antara lain adalah Masataka Kubota dan Xie Leilei.

Sesuai pernyataan yang tertulis dalam press release, Masataka Kubota akan memerankan karakter utama, Monkey D. Luffy. Kubota adalah aktor asal Jepang yang meraih peringkat pertama dalam polling berjudul “Siapa Yang Paling Kalian Inginkan Untuk Memerankan Luffy?” ketika film One Piece dibuat. Sementara Xie Leilei yang merupakan salah satu anggota Idol Group GNZ48 disebut akan memerankan karakter Charlotte Purin.

eiichiro oda kerjakan visual baru untuk film one piece gold

Entah apa motif dari perusahaan Shanghai Minghuan Investment dengan mengeluarkan pengumuman ini. Namun tak butuh waktu lama bagi Shueisha–penerbit manga One Piece di Jepang, untuk membantah semua yang dikatakan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut. Shuesisha mengatakan melalui situs Jepang, Krankin!, bahwa kabar pembelian hak cipta tersebut sama sekali tak benar.

Hingga konfirmasi dari pihak Shueisha keluar, belum ada tanggapan lagi dari pihak Shanghai Minghuan Investment. Eiichiro Oda sendiri tampaknya juga tak berkomentar apapun dan tak terganggu dengan kabar hoax tersebut. Pencipta One Piece ini setelah sebelumnya mengeluarkan beberapa trailer One Piece Gold, kini justru tengah sibuk menyelesaikan visual poster baru untuk roadshow film One Piece Gold yang akan mulai ditayangkan tanggal 23 Juli 2016 mendatang di seluruh bioskop Jepang.

.