Jubilee Seaways, Kreasi Kapal Feri Dari LEGO Yang Meraih Rekor Dunia

| Oleh: Yudi | 03 Oct 2016 - 6:30 AM
72
0
kreasi lego kembali pecahkan rekor dunia

LEGO tak henti-hentinya membuat kejutan; mulai dari keluaran koleksi set terbaru, hingga pemecahan rekor dunia. Untuk soal yang terakhir, ternyata LEGO kembali menghiasi Guiness World Record. Rekor ini pecah tak lama setelah penobatan replika London Tower Bridge sebagai rekor dunia untuk kategori kreasi dengan menggunakan LEGO terbanyak.

Rekor dunia kali ini dipecahkan oleh DFDS, sebuah perusahaan ekspedisi pelayaran asal Denmark. Kreasi ini memang tak menggunakan bricks LEGO sebanyak London Tower Bridge. Namun kreasi bernama Jubilee Seaways ini memiliki beberapa hal yang layak membawanya meraih rekor dunia.

jubilee seaways kapal terbesar dari lego

Jubilee Seaways adalah sebuah feri/kapal miliki DFDS. Kreasi Jubilee Seaways didesain oleh Jesper Aagesen, Head of New Building di DFDS. Alih-alih meniru bentuk aslinya, kreasi ini didesain dengan konsep yang lebih futuristik. Lalu apa saja yang membuat kreasi ini begitu istimewa hingga berhasil memecahkan rekor dunia?

Ditangani oleh seniman LEGO Warren Elsmore, kreasi ini dibuat dengan bantuan 7.000 staf DFDS dari 75 lokasi yang tersebar di 20 negara. Tiap staf membuat ratusan brick LEGO berukuran besar, yang masing-masing terdiri dari 48 brick. Brick LEGO tersebut kemudian digabungkan hingga menjadi sebuah kapal raksasa. Total brick yang digunakan dalam kreasi ini mencapai 1.015.000 keping.

Dibutuhkan waktu 900 person-hours (sekitar 37.5 hari–dengan catatan pengerjaan dilakukan non-stop) untuk menyelesaikan kreasi Jubile Seaways. Soal ukuran, kreasi ini memiliki panjang 12.35 meter, lebar 1.67 meter, tinggi 2.72 meter, serta berat mencapai 2.860 kilogram. Berkat ukuran ini, Jubile Seaways meraih rekor dunia untuk kreasi feri/kapal terbesar yang terbuat dari kepingan bricks LEGO.

moc kapal terbesar dari lego

Sebetulnya pembuatan kreasi Jubilee Seaways ini sebagai bentuk perayaan 150 tahun perusahaan DFDS. Menurut yang tertulis di situs resmi DFDS, pencapaian 150 tahun tak bisa selalu dicapai dalam dunia bisnis. Itu sebabnya perayaan ini sangat istimewa dan mereka memilih merayakan dengan sesuatu yang besar.

Pasca peraihan rekor dunianya, Jubilee Seaways akan berlayar ke berbagai pameran dan event di sekitar Eropa. Dimulai dari Tall Ships Regatta di Blyth, lalu London dan Dover pada bulan Oktober. Karena ukurannya yang besar, kreasi yang turut dilengkapi rangka baja ini harus diangkut sendiri menggunakan truk.

Berbicara masalah kreasi berukuran besar simak, Kreasi Patung Harley Quinn Raksasa Dari LEGO Meriahkan New York Comic Con 2016. dan Replika Jembatan Severn Bridge dari LEGO Pecahkan Rekor Guiness World Records.