Jepang Perkenalkan Berbagai Social Robot: Robot Sahabat Manusia

| Oleh: Yudi | 08 Oct 2016 - 12:00 PM
87
0
social robot mungil buatan toyota

Belakangan, kehadiran robot di antara manusia menjadi sangat umum. Berbagai macam robot dan kegunaannya bisa dengan mudah ditemui dan dimiliki. Jika dulu robot hanya dianggap sebagai mesin canggih yang mampu memudahkan atau menggantikan tugas manusia, namun anggapan tersebut tampaknya mulai bergeser.

Kini robot mulai diprogram sedemikian canggih untuk bisa menjadi sahabat manusia. Salah satu fokusnya adalah menjadikan robot mampu berinteraksi dan seolah memiliki perasaan (emosi) seperti manusia. Beberapa menyebut fenomena ini sebagai era social robot.

singing vacuum cleaner kolaborasi sharp dan yamaha

Bicara soal robot, tentu Jepang menjadi jawaranya. Perusahaan raksasa, seperti Honda, Toyota, Mitsubishi, Toshiba, selalu berlomba menciptakan robot humanoid sempurna. Jepang sendiri juga telah mempekerjakan robot dalam berbagai sektor. Sebut saja Chihira Junko, robot perempuan yang bekerja sebagai petugas informasi di komplek perbelanjaan Aqua City Waterfront Odaiba, Tokyo.

Minggu ini, Jepang menggelar event bernuansa IT dan elektronik bernama CEATEC JAPAN. Dalam event ini, tampak berbagai social robot menjadi perhatian pengunjung. Contohnya Kirobo Mini, robot mungil buatan Toyota yang mampu berinteraksi berdasarkan berbagai informasi dan data yang di-install ke dalamnya. Robot ini akan menyapa, menyambut, atau mengingatkan tentang sesuatu.

Ada juga COCOROBO, yang merupakan hasil kolaborasi antara Sharp dan YAMAHA. COCOROBO sebetulnya sebuah vacuum cleaner, namun dilengkapi teknologi MUSIC A.I Engine. Dengan teknologi tersebut, COCOROBO mampu membersihkan rumah secara otomatis sambil bernyanyi. Jika ingin mendengar lagunya, cukup katakan “I want to relax.” (saya ingin istirahat).

robot humanoid multilingual emiew3

Social robot juga hadir dalam sektor pelayanan publik. Seperti East Japan Railway Co. yang memulai project robot humanoid multilingual bernama Emiew3 sebagai solusi atas meningkatnya jumlah turis asing yang mengunjungi Jepang. Dikembangkan oleh Hitachi, robot setinggi 90 sentimeter ini mampu berinteraksi dan memberi informasi dengan beberapa bahasa.

Perkembangan social robot juga tak lepas dari dukungan pemerintah Jepang. Mereka bahkan menargetkan pasar social robot (terutama robot pengasuh) bisa mencapai 50 triliun Yen di tahun 2020. Berarti bukan tak mungkin jika tahun 2020 nanti, Jepang akan dipenuhi berbagai macam robot yang bisa bersosialisasi dan berinteraksi layaknya manusia. Bahkan motor pun sudah ada yang bisa berbicara.